Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik

Authors

  • Magdalena Elendiana Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Tego Prasetyo Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.932

Keywords:

meta analisis, NHT, STAD, kemampuan berpikir kreatif

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan meta analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas 4 Sekolah Dasar. Teknik yang digunakan adalah analisis Teknik Effect Size dengan rumus effect size yang digunakan formula pengaruh dengan rumus eta kuadrat (ń2). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah inrumens pemberian kode (coding data). Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan hasil model pembelajaran Problem Posing lebih berpengaruh dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Solving terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas 4 Sekolah Dasar. Dari Uji Ancova dari nilai rata-rata eksperimen 2 model pembelajaran Problem Posing 79.6380 lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai dari model pembelajaran Problem Solving 77.0840. dari hasil perhitungan Hipotesis menggunakan Uji Ancova dengan menggunakan Univariate menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,571 yang berarti lebih besar 0,05 (0,571>0,05). Dari hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji Ancova dengan Univariete yang menunjukan nilai signifikasi sebesar 0,571 yang berarti lebih besar dari 0,05 (0,571 > 0,05). Dari uji Ancova menunjukkan F hitung 1. 608 > 4,64. Dan signifikasi 0,571 > 0,05 yang menunjukan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Dachi R. Alyakin, 2017. “Proses dan Analisis Kebijakan Kesehatan (Suatu Pendekatan Konseptual).
CV. Budi Utama: Yogyakarta
H. Punaji Setyosari. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia
Group.
Halimah, Nur. "Perbedaan Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan
Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V
SD." Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 7, no. 3 (2017): 267-275.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. (Yogyakarta: Pustaka Belajar)
Ishak, Muhammad, Dwi Soelistya Dyah Jekti, and Nyoman Sridana. "Pengaruh Penerapan
Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe
Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SDN 13 Ampenan." Jurnal Pijar
Mipa 12, no. 1 (2017).
Komalasari, Kokom. 2010. “Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi”. Bandung: Refika
Aditama.
Nana Syaodih Sukmadinata,2010, Metode Penelitian Pendididkan, Bandung :PT.Remaja Rosdakarya
Permendikbud (2006) Nomor 22. Standar Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud (2015) Nomor 13. Standar Nasional Pendidikan.
Santiana, Ni Luh Putu Murtita, Dewa Nyoman Sudana, and Ni Nyoman Garminah. "Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil BelajarMatematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Alasangker." MIMBAR PGSD Undiksha 2, no. 1 (2014).
Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta :
Bumi Aksara.
Spencer, Kagan 1992 Cooperative Learning. San Juan Capistrano, Kagan: Cooperative Learning
Trianto (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Surabaya:Kencana
Trianto (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Surabaya:Kencana
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP.
Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-03-26

How to Cite

Elendiana, M., & Prasetyo, T. . (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 228–237. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.932