Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Model Pembelajaran Problem Posing Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Veronika Heny Priska Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Mawardi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.928

Keywords:

Meta Analisis, Problem Solving, Problem Posing, Berpikir Kritis

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan meta analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas 4 Sekolah Dasar. Teknik yang digunakan adalah analisis Teknik Effect Size dengan rumus effect size yang digunakan formula pengaruh dengan rumus eta kuadrat (ń2). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah inrumens pemberian kode (coding data). Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan hasil model pembelajaran Problem Posing lebih berpengaruh dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Solving terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas 4 Sekolah Dasar. Dari Uji Ancova dari nilai rata-rata eksperimen 2 model pembelajaran Problem Posing 79.6380 lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai dari model pembelajaran Problem Solving 77.0840. dari hasil perhitungan Hipotesis menggunakan Uji Ancova dengan menggunakan Univariate menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,571 yang berarti lebih besar 0,05 (0,571>0,05). Dari hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji Ancova dengan Univariete yang menunjukan nilai signifikasi sebesar 0,571 yang berarti lebih besar dari 0,05 (0,571 > 0,05). Dari uji Ancova menunjukkan F hitung 1. 608 > 4,64. Dan signifikasi 0,571 > 0,05 yang menunjukan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Istiqoma, F. dan Rusdi, A. 2015. PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADAMATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA KELAS III DIMADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN PALEMBANG. Vol. 2. PALEMBANG.
Novikasari, I. 2009. JURNAL PEMIKIRAN ALTERNATIF KEPENDIDIKAN. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. Vol. 14. No. 02. 346-364. Purwokerto.
Wulandari W dan Wahyu 2020. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS 4.
Faizal, M, A. 2015. Proses berpikir kritis siswa Sekolah Dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasakan gaya belajar. Sidoarjo. 1. 2. 159-170
Hodiyanto, dkk. 2016. Ekperimentasi Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving dengan pendekatan PMR terhadap prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kreaitivitas siswa kelas VII SMP Negeri dikabupaten Sukoharjo. 4.2 199-213
Istiqomah, F dan Rusdi, A 2015. Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving pada mata pelajaran matematika materi pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Palembang. 2. 248-275
Kurino, Y, D. 2018. Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dikelas V SD Majalengka. 4. 1. 56-65
Murfiah, U. 2017. Model pembelajaran terpadu disekolah dasar. Bandung. 57-69
Nufikasari, I. 2009. Pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. Puwekerto. 14. 1-13
Hunter, J. E., Jensen, J. L., & Rodgers, R. 2014. The Control Group and Meta-Analysis. Journal of Methods and Measurement in the Social Science, 5( 1), 3–21.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Priska, V. H., & Mawardi, M. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Model Pembelajaran Problem Posing Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 220–227. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.928