PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SAMALANTAN

Authors

  • Herianus SMA N 1 Samalantan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.593

Keywords:

google classroom, media pembelajaran, kompetensi guru, teacher competence

Abstract

Perkembangan teknologi informasi berkembang semakin cepat. Tidak terkecuali dalam ranah pendidikan, sekolah dalam hal ini adalah guru dituntut untuk selalu mengupdate diri agar mampu menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Ditambah lagi pada akhir tahun 2019, dunia dan Indonesia dihadapkan pada pandemi Covid-19 yang membuat sekolah merombak sistem pembelajaran yang awalnya berada di kelas kemudian siswa diminta untuk belajar dari rumah. Kondisi tersebut membuat guru-guru harus berkreasi dalam menyajikan pembelajaran agar tetap menarik dan berkualitas. Berdasarkan kondisi tersebut, maka penulis yaitu Kepala Sekolah SMAN 1 Samalantan melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) guna meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan media pembelajaran daring, yaitu aplikasi google classroom. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan aplikasi google classroom. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kepala Sekolah SMAN 1 Samalantan berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan aplikasi google classroom pada pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Herianus, H. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SAMALANTAN. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 542–547. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.593

Issue

Section

Articles