PENERAPAN METODE MIND MAP BERBASIS DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA DI PRODI PBSI IKIP PGRI BOJONEGORO

Authors

  • Nur Alfin Hidayati IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578

Keywords:

Berbicara, Metode, Min Map, drill

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai kemampuan praktik berbicara pada mahasiswa Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan; (1) peningkatan keaktifan kemampuan berbicara dengan metode mind map berbasis drill pada mahasiswa tingkat IA Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020; (2) peningkatan hasil belajar kemampuan berbicara dengan metode mind map berbasis drill pada mahasiswa tingkat IA Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes praktik berbicara. Instrumen observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang keaktifan mahasiswa. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data terkait dengan berkas penelitian. Instrument wawancara digunakan untuk mengumpulkan data terkait dengan respon keaktifan mahasiswa dan dosen. Tes praktik berbicara digunakan untuk mengumpulkan data penelitian tentang kemampuan berbicara mahasiswa. Hasil  penelitian ini menunjukkan (1) adanya peningkatan keaktifan mahasiswa pada siklus 1 sebanyak 64,2 % (18 orang) dan pada siklus 2 meningkat menjadi 89,2% (25 orang); (2) adanya peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara yaitu pra-siklus yang tuntas sebesar 10% atau 3 orang, meningkat pada siklus 1 mahasiswa yang tuntas 64, 2 % atau 18 orang sedangkan pada siklus 2 tingkat ketuntasan meningkat sebesar 89,2 % atau 25 orang. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode mind map berbasis drill dapat meningkatkan  keaktifan dan hasil belajar kemampuan berbicara mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeneye O. 2011. Effect of Concept Mapping Strategy on Students’ Achievement in Junior Secondary School Mathematics. International Journal of Mathematics Trends and Technology, 2(3).11-16.
Ajaja O. Patrick. 2011. Concept Mapping As a Study Skill: Effects on Students Achievement in Biology.Int J Edu Sci, 3(1): 49-57.
Akeju O. O. Simpson, Rotimi C. O & Kenni A. M. 2012. Teaching With Concept Mapping Instructional Strategy in Nigeria Secondary Schools. Eurasian J. Phys. Chem. Educ., Jan (Special Issue):13-19.
Alireza D. M., Ali Mostafaei & Davood Ghaderi. 2012. Effects of concept mapping instruction on the academic achievement of students in the history course. Annals of Biological Research, 3 (7):3686-3690.
Bamidele, E.F., Oloyede, E. O. 2013. Comparative Effectiveness of Hierarchical, Flowchart and Spider Concept Mapping Strategies on Students’ Performance in Chemistry. World Journal of Education. 3(1). 66-76.
Barchok K.H., Too J.K., Ngeno K.J. 2013. Effect of Collaborative Concept Mapping Teaching Strategy on Students’ Attitudes Towards Chemistry in Selected Secondary Schools in Kenya. Asian Journal of Social Sciences & Humanities. 2(2), 530-540.
Barry, K., & King, L. (2006). Beginning Teaching and Beyond (3 ed.). 2006.
Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.
Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Kredo. 2(2), 256-267.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. 2018. The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2019). Developing Beach Ball Group Investigations Cooperative. International Conferences Seword Fresh, 1-7.
Darmuki, Agus. (2013). Pembelajaran Menulis Puisi dalam Pembentukan karakter Berdasarkan Kurikulum 2013. Seminar Nasional Inovasi PBSI dalam Kurikulum 2013. Vol. 1, 34-40.
Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan.
Hughes, Arthur. 2003. Testing for Language Teacher. Second Edition. Cambridge University Press.
Liu, P. 2011. A Study on the Use of Computerized Concept Mapping to Assist ESL Learners' Writing. Computers & Education, vol.57(4), pp. 2548-2558.
Lim, S.E., Cheng, P.W.C., Lam, M.S. & Ngan, S.F. 2003. Developing Reflective and Thinking Skills by Means of Semantic Mapping strategies in Kindergarten Teacher Education. Early Child Development and Care. 172(1):55-72.
Luik, P. 2007. Characteristics of drills related to development of skills. Journal of Computer Assisted Learning 23, 56–68.
Peterson, A.R. & Snyder, P.J. 1998. Using Concept Maps to Teach Social Problems Analysis. Paper presented at the Annual Meeting of the Society for the Study of Social Problems. Columbus State Community College. San Francisco. 5-28.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Hidayati, N. A. (2020). PENERAPAN METODE MIND MAP BERBASIS DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA DI PRODI PBSI IKIP PGRI BOJONEGORO . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462–468. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578

Issue

Section

Articles