PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA

Authors

  • Titi Suryati SMA Negeri 1 Jalaksana

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.288

Keywords:

Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Jalaksana tahun pelajaran 2019/2020 melalui pembelajaran model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data pada penelitian ini berpedoman pada analisis Statistik Deskriptif dengan Persentase. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, angket, dan observasi. Motivasi peserta didik dilihat dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II pada kuesioner motivasi belajar siswa sebesar 13,39% pada kategori tinggi dan sangant tinggi. Sedangkan peningkatan prestasi belajar ditandai dengan bertambahnya peserta didik yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan. Pada siklus I sebesar 67,86% atau sebanyak 19 siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II terjadi  peningkatan peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 85,71 % atau sebanyak 24 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Jalaksana Tahun Pelajaran 2019/2020 meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Perdana Media Group.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (1991). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik dan Prosedur. Bandung: RmajaRosdakarya.

Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamdayana, J.. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hamdu dan Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi. Jakarta: Bina Aksara.

Lestari, F. Y. P., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019). Model Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ips Siswa SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Majalengka, 509-516. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/73

Mustaji dan Arthana. (2005). Evaluasi Media Pembelajaran. Unesa Univercity Press.

Marno, dan M. Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar- ruzz Media Group.

Nisak, C. & Sari, A.R. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 11(1).

Nurtanto, M. (2016). Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Dengan Metode Problem Based Learning Pada Pembelajaran Gambar Teknik Melalui Pembelajaran Terbimbing. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2).

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144-159

Suarni, D.A.K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206-214.

Downloads

Published

2020-06-03

How to Cite

Suryati , T. . (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 147–153. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.288

Issue

Section

Articles