PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERUPA KERTAS LIPAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BENTUK BILANGAN PECAHAN

Authors

  • Ahdin SDN Cimeong Majalengka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.203

Keywords:

alat peraga, kertas lipat, pemahaman, siswa sekolah dasar

Abstract

Kenyataan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan tehnik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi pecahan dengan menggunakan alat peraga kertas lipat pada siswa kelas IV SDN Cimeong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan demonstrasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman siswa pada materi pecahan mengalami peningkatan dengan menggunakan alat peraga kertas lipat, dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk berdiskusi, mengeluarkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Media Kerlip (Kertas Lipat) Pada Materi Konsep Kelipatan Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN Bantelan Sumenep. Pedagogia, 3(2), 136-147.

Daris, H, Halini, Hanye, P. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga Kertas Lipat pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 3(6).

Hudojo, H. (1990). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: Ikip .

Kasbolah, K. (2001). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Depdikbud.

Nahdi, D.S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 6-15.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Conceptual Understanding And Procedural Knowledge: A Case Study on Learning Mathematics of Fractional Material in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1477, 42037. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042037

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada. Media Grup.

Setiawan, I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas III SD Negeri Bendungan III Dengan Alat Peraga Kertas Lipat. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 214-226.

Sujati. (2000). Penelitian Tindaka Kelas. Yogyakarta. FIP. UNY

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana

Widada. (2010). Mudah Membuat Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Yamin, M. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta; Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Ahdin. (2020). PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERUPA KERTAS LIPAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BENTUK BILANGAN PECAHAN . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 8–13. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.203

Issue

Section

Articles