Kemampuan Peserta Didik Selama Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Authors

  • Widanti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah
  • Muflikhul Khaq

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1414

Keywords:

Covid-19, kemampuan peserta didik, Sekolah Dasar

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 membuat semua aktivitas harus dilakukan dari rumah, termasuk pada sektor pendidikan atau yang biasa disebut dengan BDR. Peserta didik merupakan elemen penting dalam kegiatan pengajaran, dimana mereka berperan sebagai subjek belajar. Oleh karena itu, peserta didik harus mengembangkan kemampuannya meskipun pembelajaran dilakukan dari rumah tanpa bertatap muka langsung dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik selama belajar dari rumah pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Purworejo. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket untuk mengetahui aspek afektif, soal untuk mengetahui aspek  kognitif dan lembar observasi untuk mengetahui aspek psikomotor peserta didik yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan afektif peserta didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Purworejo yaitu dalam kategori baik dengan persentase 73%. Kemampuan kognitif peserta didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Purworejo yaitu dalam kategori cukup baik dengan persentase 57%. Kemampuan psikomotor peserta didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Purworejo yaitu dalam kategori baik dengan persentase 78%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al_Athfal, 3(1), 37–46. https://ejournal.stainupwr.ac.id/
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf
Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., & Fadli, A. (2021). Implikasi Distance Learning di Masa Pandemi COVID 19 terhadap Kecerdasan Emosional Anak di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU: Research & Learning in Elementary Education, 5(2), 761–771. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Hasan, S. H. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. In Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Ibrahim. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Biologi Siswa Kelas X Mipa Sman 1 Tarakan. Borneo Journal Of Biology Education, 3(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.52222/bjbe.v3i1.1885
Jannah, R. N., Wulandari, N. L., & Budi, S. (2020). Pengalaman Belajar Daring Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Pandemi Covid-19 Di Sd Inklusif. Elementary Islamic Teacher Journal, 8(2), 359–376. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 196. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262
Kemdikbud, K. (2018). Pedoman Akreditasi Ssekolah / Madrasah. Badan akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 7–13.
Lestari, Endang Titik. 2020. Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Sleman: CV. Budi Utama.
Marini, Rahayuningsih, M., & Retnoningsih, A. (2016). Efektivitas Metode Field Trip Di Sungai Kaligarang Semarang Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pengelolaan Lingkungan. Unnes Journal of Biology Education, 5(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jbe.v5i1.12472
Mastoah, I., & MS, Z. (2020). Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid 19 Di Kota Serang. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 121–128. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/3663
Na’in, Z., Luthfi, E., & Ahsani, F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. JURNAL PEDAGOGIKA, 12(1), 32–52. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621
Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39–49. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS
Nurmayuni, S. (2020). Layanan online Perpustakaan Perguruan Tinggi sebelum dan sesudah pandemi covid-19 : S tudi perpustakaan UIN Sunan Ampel sejak 2018 hingga 2020. Indonesian Journal of Academic Librarianship, 4(1), 23–40. http://journals.apptisjatim.org/index.php/ijal/article/view/85/44
Patimah, T. S., Arwani, W., & Masri’ah. (2020). Pengaruh Inteligensi Linguistik terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Cirebon. El-Ibtikar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 208–225. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v9i2.7231 ?CITATIONS? total citations on Dimensions.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Rizqia, M., Iskandar, W., Simangunsong, N., & Suyadi, S. (2019). Analisis Psikomotorik Halus Siswa Ditinjau dari Keterampilan Menggambar Anak Usia Dasar SD. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 45–53. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5212
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Rajawali Pers.
Samad, M. A., & Mangindara. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran , Akreditasi Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gowa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 74–84. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/307
Setiyaningsih, C. D. (2017). Status Akreditasi Dan Kualitas Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 138–145. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um025v1i22017p138
Setyawan, H., & Dimyati, D. (2015). Model Permainan Aktivitas Luar Kelas Untuk Mengembangkan Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Siswa Sma. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 164–177. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6230
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surmiyati, Kristayulita, & Patmi, S. (2014). Analisis Kemampuan Kognitif Dan Kemampuan Afektif Terhadap Kemampuan Psikomotor Setelah Penerapan Ktsp. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 7(1), 25–36. http://www.jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/42
Syafa’ati, J. S. N., & Rosya, S. M. (2021). Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Educatio, 7(1), 122–128. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.882
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, siti K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa Sd Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41–50. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/17229
Widoyoko, Eko Putro. 2018. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulandari, N. P., Tiro, M. A., & Sanusi, W. (2018). Pengaruh kecerdasan interpersonal, kemampuan berpikir kritis, dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika dan sikap terhadap matematika siswa kelas VIII di sekolah menengah pertama di kota makassar. SEMINAR NASIONAL VARIANSI (Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi Teori Dan Aplikasi Statistika), 56–73. http://ojs.unm.ac.id/index.php/variansistatistika
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Sd). Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 263–278. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1097
Zulfahita, Husna, N., & Mulyani, S. (2020). Kemampuan Literasi dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Berdasarkan Akreditasi Sekolah Swasta dan Negeri di Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 407–421. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index

Downloads

Published

2021-10-05

How to Cite

Widanti, W., Nur Ngazizah, & Muflikhul Khaq. (2021). Kemampuan Peserta Didik Selama Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1321–1330. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1414