Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Loose Parts pada Anak kelompok B TK
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1124Keywords:
Kemampuan, Berhitung, Metode, Loose PartAbstract
Pembelajaran anak TK akan menyenangkan bila menggunakan media benda nyata, karena media pembelajaran merupakan salah satu sarana penyalur pesan dan informasi belajar, maka media pembelajaran harus dirancang dengan baik dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak menggunakan media loose parts di TK Anggrek V Muslimat NU Ngargorejo. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Anggrek V Muslimat NU Ngargorejo yang berjumlah 17 anak. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus setiap siklu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Media penelitian ini adalah media penelitian kualitatif, mediapengumpulan data dengan menggunakan mediaobservasi, tanya jawab dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung dari pretest, siklus I, dan siklus II. Hal ini terbukti dari hasil penelitian rata-rata evaluasi sebelum tindakan 30%, setelah siklus I 50%, setelah siklus II 85%. Simpulan penelitian ini bahwa menggunakan media loose part dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Anggrek V Muslimat NU Ngargorejo.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work