Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Loose Parts pada Anak kelompok B TK

Authors

  • Mubarokah TK Anggrek V Muslimat NU Ngargorejo Ngemplak Boyolali

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1124

Keywords:

Kemampuan, Berhitung, Metode, Loose Part

Abstract

Pembelajaran anak TK akan menyenangkan bila menggunakan media benda nyata, karena media pembelajaran merupakan salah satu sarana penyalur pesan dan informasi belajar, maka media pembelajaran harus dirancang dengan baik dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak menggunakan media loose parts di TK Anggrek V Muslimat NU Ngargorejo. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Anggrek V Muslimat NU Ngargorejo yang berjumlah 17 anak. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus setiap siklu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Media penelitian ini adalah media penelitian kualitatif, mediapengumpulan data dengan menggunakan mediaobservasi, tanya jawab dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung dari pretest, siklus I, dan siklus II. Hal ini terbukti dari hasil penelitian rata-rata evaluasi sebelum tindakan 30%, setelah siklus I 50%, setelah siklus II 85%. Simpulan penelitian ini bahwa menggunakan media loose part dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Anggrek V Muslimat NU Ngargorejo.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Mubarokah, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Loose Parts pada Anak kelompok B TK . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 535–540. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1124

Issue

Section

Articles