Pengunaan Teknik Membaca Scanning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa

Authors

  • Abu Bakar Siddik SMAN 1 Talaga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1091

Keywords:

teknik scanning, hasil belajar

Abstract

Ada berbagai teknik membaca yang efektif salah satunya yakni Scanning. Scanning atau disebut juga dengan membaca-tatap atau memindai, merupakan teknik membaca cepat dan teliti. Jenis teknik membaca ini bertujuan untuk memperoleh fakta atau informasi tertentu. Berdasarkan hasil Obesrvasi, menunjukkan bahwa siswa kelas XII SMAN 1 Talaga dalam teknik membaca belum mengunakan teknik membaca efektif. Hal itu terbukti dari hasil uji kompetensi siswa yaitu 61% dari 36 siswa belum dapat nilai lebih dari 80. Adapun penyebab permasalahan pembelajaran belum menggunakan teknik pembelajaran membaca yang efektif. Penelitian ini bertujuan menggunakan teknik scanning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah  siswa Kelas XII SMAN 1 Talaga sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uji kompetensi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan kuantitatif. Adapun hasil belajar membaca teknik scanning siswa memperoleh persentase hasil belajar 70% siswa memperoleh nilai lebih dari 80. Jadi, dapat disimpulkan dengan menerapkan teknik scanning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMAN 1 Talaga.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Siddik, A. B. (2021). Pengunaan Teknik Membaca Scanning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 554–558. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1091

Issue

Section

Articles