Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa

Authors

  • Mujib Sholeh universitas muria kudus
  • Murtono Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889

Keywords:

Efektivitas Pembelajaran, Google Classroom, Kemampuan Literasi Membaca

Abstract

Tuntutan perkembangan zaman dan kebijakan pemerintah untuk memutus mata rantai COVID-19 yaitu menggunakan pembelajaran yang dilakukan secara online, menyebabkan guru dan dosen wajib memanfaatkan teknologi berbasis digital, salah satunya Google classroom. Penggunaan aplikasi Google Classroom memiliki beberapa kelemahan diantaranya hanya dapat diakses oleh akun google dan tidak adanya notifikasi bahwa materi yang disajikan telah dibaca sepenuhnya oleh siswa sehingga keefektifan Google Classroom masih diragukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran online melalui Google Classroom dalam mata kuliah praktikum administrasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara untuk menghasilkan data primer. Hasil dari penelitian ini adalah Google Classroom efektif digunakan dalam mata kuliah praktikum administrasi pendidikan karena mahasiswa dan dosen dapat dengan mudah mengaksesnya sesuai dengan kebutuhan perkuliahan. Keefektifan Kuliah Praktikum Administrasi Pendidikan terlihat dari hasil belajar mahasiswa yang semakin meningkat setiap hari melalui tugas dan kuis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-06

How to Cite

Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. . (2021). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 134–140. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>