PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU

Authors

  • Nuning Hardi Yanti Universitas Muria Kudus
  • Murtono Universitas Muria Kudus
  • Much. Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.394

Keywords:

Numbered Head Together, Puzzle, Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Kedungsari dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Keterampilan mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II meningkat 25%. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat 21,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPS ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,78%. Ketuntasan klasikal hasil belajar Bahasa Indonesia ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,77%. Ketuntasan hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I sampai siklus II meningkat 23,19%. Kesimpulannya dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle tema cita-citaku mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, E.. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Numbered Heads Together dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5 (2), 146-154. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.58
Arafatun, S. K., & Sugiyarti S.. (2019). Penggunaan Media Wayang Daun dalam Mengembangkan Interkasi Siswa terhadap Lingkungan Belajar di SD Negeri 10 Pangkalpinang. Cendekiawan, 1 (2), 43-50. doi: https//doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.163
Arifin, Zainal. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Asikin. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6 (1), 68-73. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.211
Bahnan, R. (2019). Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Kompetensi Dasar Menirukan Pembacaan Pantun Anak di Kelas IV SD Negeri 26 Sungailiat. Cendekiawan, 1 (1), 13-19. https//doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.154
Devi, V. P, dkk. (2017). Penerapan Metode Numbered Head Together Berbantuan Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Sisiwa Kelas 4 SDN 3 Kuripan. Kalam Cendekia, 6 (3.1), 16-20.
Ernawati. (2020). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6 (1), 125-131. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.285
Farida, A., & Abbas N. (2015). Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Puzzle untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS. Joyful Learning Journal, 4 (2), 8-17.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar(SD). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kholis, N. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2 (1), 69-88. doi: http://dx.doi.org/10.25217/ji.v2i1.76.69-88
Murtono. 2017. Merencanakan dan Mengelola Model-model Pembelajaran Inovatif. Ponorogo: WADE GROUP.
Nurlaili. (2018). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru dalam Perspektif Guru Pamong pada Mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 1 (2), 49-58. Doi: https//doi.org/10.19109/jip.v4i1.2270
Permana, E. P.. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS SD. JPDN, 1 (2), 49-58. https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i2.210
Safitri R. W., Primiani C. N., &Hartini H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 1-14 https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332
Sari, N. A., Akbar S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan,3 (12), 1572-1582. http//dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796
Solihatin, Etin. (2013). Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudarwanto, W., Relmasira S. C., Juneau J. L.. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Stimulus Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Semester I Tahun 2017/2018. Kalam Cendekia, 6 (3.1), 1-10.
Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 2 (1), 135-139. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.131
Susnariah, Uus. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6 (1), 162-170. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.291
Tinah. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa tentang Luas Bangun Datar dengan Media Puzbatar. Cendekiawan, 1 (1), 1-6. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.152
Yanti, D. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Puzzle IPS Kelas IV di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3 (4), 1-9.

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Nuning Hardi Yanti, Murtono, & Much. Arsyad Fardani. (2020). PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 248–261. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.394

Issue

Section

Articles