PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 2 PALIMANAN

  • Icih Nurjanah Yanuarsih SMPN 2 Palimanan Cirebon
Keywords: hasil belajar, pendekatan metakognitif, bahasa indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa SMP pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan Metakognitif dipilih sebagai solusi dari permasalahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Palimanan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan Pendekatan Metakognitif.  Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus tindakan dengan subyek penelitian siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Palimanan Cirebon. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan pendekatan metakognitif. Dengan demikian disimpulkan Penerapan Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Anggraeni, R., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96-101. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p096
Ariati, S. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kemahiran Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X IPS-1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Ayuningrum, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Keterampilan Berbahasa Melalui Model Pembelajaran Kreatif Produktif di SMK Islam PB. Soedirman 1. Jurnal Visipena, 8 (2), 351-372.
Hanikah, H. (2019). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal PGSD, 3(2), 9-16. https://doi.org/10.32534/jps.v3i2.795
Hayati, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca dan Menulis melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis. EDISI, 1(1), 53-61. https://doi.org/10.36088/edisi.v1i1.325
In’am, A. (2012). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Metakognitif. Malang: Selaras Perum Pesona Griya Asri.
Kusiah, Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Kompetisi Dan Aktifitas (Kompak). Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 171-176. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.286
Lubis, B. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di Kelas VIII-10 SMP Negeri 4 Medan TP 2013/2014. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 2(2).
Maulana, H. (2016). Strategi Metakognitif Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Inggris. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1(1).
Mukhlis, A. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan. Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban
Musliha, N. N. (2017). Penerapan Strategi Reading Aloud Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Cerita Rakyat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(02).
Nurasyiyah, D. A. (2014). Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk Pencapaian Kemampuan Koneksi Data Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. JPM, 6(2), 115-125.
Nurtikasari, E., & Fahri, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III MI Nurul Huda 1 Curug. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 42-51.
Rohmanurmeta, F. M. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, 37(1), 24-31.
Sudiarta, I., & Putu, G. (2007). Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Statistika Matematik I Tahun 2006/2007. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 40(3), 590.
Sugiyono, S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Melaporkan Isi Buku Melalui Pendekatan Komunikatif Metode SQ2R Pada Siswa Kelas 6 SDN Kramat Sukoharjo 03 Jember. Pancaran Pendidikan, 3(3), 123-134.
Suyanto.(1997). Pedoman pelaksaaa penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti.
Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Published
2020-12-01
How to Cite
Yanuarsih, I. N. (2020). PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 2 PALIMANAN. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 510-515. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.523
Section
Articles