Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa sehingga hasil belajar peserta didik dalam keterampilan membaca masih rendah. Masih banyak peserta didik yang belum dinyatakan tuntas dengan sesuai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Berdasarkan permasalah tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media gambar yang terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Kemudian teknis analisis data yang digunakan yaitu deskriptif. Pelaksanaan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meliputi: (1) Perencanan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (5) Refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca siswa setelah diterapkan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan media gambar pada siswa kelas II di SDN 1 Sajira Mekar tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II semester genap SDN 1 Sajira Mekar yang berjumlah 20 orang dan objek penelitian ini yaitu keterampilan membaca. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil keterampilan membaca pada siklus I sebesar 25% (kategori rendah) dan keterampilan membaca pada siklus II sebesar 90% (kategori tinggi). Terjadi peningkatan keterampilan membaca sebesar 65%. Ini berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN 1 Sajira Mekar tahun pelajaran 2021/2022.
Downloads
Copyright (c) 2021 Iman Sampurna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work