Strategi Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Padas Siswa SD 15 Penukal Kabupaten Pali

  • Esnah Universitas PGRI Palembang
Keywords: Strategi, Kepala Sekolah, Kegiatan

Abstract

Pentingnya peranan seorang Kepala Sekolah dalam usaha meningkatkan mutu peserta didik, dikarenakan bahwa segala bentuk kebijakan yang berlaku pada satuan pendidikan bersumber dari pimpinan yaitu kepalah sekolah yang kemudian harus dilaksanakan oleh seluru warga satuan pendidikan tersebut. Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di SD Negeri 15 Penukal yang merupakan perwujudan dari kebijakan Kepala Sekolah kini semakin bisa dirasakan dampak baiknya. Hal ini dapat dilihat dari prilaku warga sekolahnya yang semakin mencerminkan pengamalan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.  Penelitian ini memfokuskan pada Strategi kepala sekolah dalam menerapkan kegiatan keagamaan dan pembiasaan yang dilakukan dalam kegiatan keagamaan di SD Negeri 15 Penukal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Strategi kepala sekolah SD Negeri 15 Penukal dalam menerapkan kegiatan keagamaan disekolahnya adalah: a) melakukan perencanaan, b) menjadi teladan, c) melakukan pembiasaan, d) mendukung kegiatan keagamaan, e) melakukan evaluasi. Hasil penelitian yang diterapkan di SD Negeri 15 Penukal  adalah: a) membaca iqro dan surat yazin, b) penghafalan surat-surat pendek, c) bersholawat nabi sebelum memulai pembelajaran, d)pembiasaan 5S (Senyum, Sapa, Sopan dan Santun), e) peringatan hari-hari besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abudin, N. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Aedi, N. (2016). Manajemen Pendidikan dan Tenaga Pendidikan. Yogyakarta: GOSYEN Publishing
Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Ancok, D. (2011). Psikologi Islam, Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Agustina, E. ., & Tobari. (2017) Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri I Teluk Gelam Dalam Mengatasi Sikap Primodialisme. JMKSP (jurnal Manajemen Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan). 2(2). 203-215.
Arifin, I. 2015. Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah Berbasis Moral Spiritual Dalam Mengimplementasi Pendidikan Karakter. (Online). Http://Ap.Fip.Um.Ac.Id/Wpcontent/Uploads/2015/04/28-Imron-Arifin-Kompetensi-Kepribadian-Kepala-Sekolah-Berbasis-Moral-Spiritual-Dalam.Pdf. Diakses 15 September 2020.
Arsyad, A. (2002). Pokok Manajemen: Pengetahuan Praktis Bagi Pimpinan dan Eskekutif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azra, A. (2000). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Ciputat: Logo Wacana Ilmu
Az-Za‟balawi, M. Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, terj. Abdul Hayyie al-Kattani, et.al., hlm. 347.
Baharuddin dan Mulyono, Psikologi Agama dalam Perspektif Islam, (Malang: UIN-Malang Press, 2008), hal. 68
Baharuddin. 2017. Pendekatan Moral Spiritual Dalam Mewujudkan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan STKIP Muhammadiyah Enrekang. STKIP Muhammadiyah Enrekang. Volume 2 Nomor 1 Hal 29-42
Baihiki, Ach. (2016). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Budaya Religius di MA Negeri dan SMA Negeri 1 Sumenep Madura. Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang
David, Fred R. 2006. Manajemen Strategi: Konsep Edisi Sepuluh Jakarta: Salemba Empat
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005), hlm. 234. 9
Dirgantoro, Crown. (2001). Manajemen Strategik: Konsep, Kasus dan Implementasi. Jakarta; Grasindo.
Donni, Priansa, J. dan Rismi, S. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta, hal.49
El-Mubarok, Z.(2008). Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulakan yang Terserak, Menyambung yang Terputus dan Menyatukan yang Tercera. Bandung: Alfabeta
Fitria, Happy, F. ., & Martha, A. . (2020) Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Honorer. Jurnal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 85-89.
Fred R, David, Manajemen Stratgei , Edisi Spuluh, (Jakarta: Selemba Empat, 2006) Hlm 16-17
Gaffar, M. F (2004). Membangun Kembali Pendidikan Nasional dengan Focus Pembeharuan manajemen perguruan tinggi pada era globalisasi, Surabaya: Makalah konfrensi nasional, hal. 14
Halimah, dan Koswara, D. 2008. 9 Kebiasaan Kepala Sekolah Efektif. Bandung: PT. Pribumi Mekar.
Handayani. (2014). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembiasaan Beragama Dan Berbudi Pekerti Siswa. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 6 (2), 168 – 193.
Harlina, T. Ahmad, S. Wahidy, A. (2020) Kemampuan Kepala Sekolah dalam Membina Hubungan Dengan Guru Untuk Meningkatkan mutu Pendidikan. Jurnal Of Education Research, 1(3) 301-307
Basri, H. Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Bandung: Pustaka Setia, 2014), hal. 40
Husaini, Fitria, H. (2019) Manajemen Kepemimpinan pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP ( Jurnal Manajemen Kepemimpinana, dan Supervisi Pendidikan) 4(1). 43-54.
Jalaluddin, Psikologi Agama, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996), hlm. 185.
Kartono, K.(2004). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kompri, Standar Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional, (Jakarta: Kencana, 2017), hal. 35-36
Lenah. (2011). Kegiatan Ekstrakurikuler Iman dan Takwa dalam Pembentukan Sikap Keberagamaan Peserta Didik (Studi Kasus di SMA N I Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang). Palembang : IAIN Raden Fatah Palembang
Lian, B. (2017) Kepemimpinandan Kualitas Kinerja Pegawai, (Palembang Noerfikri), hal.32-38.
Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, (Jkarta: Bumi Aksara, 2011), hlm. 166-167. 5
M.F. Gaffar, Membangun Kembali Pendidikan Nasional Dnegan Fokus: Pembaharuan Manajeman Perguruan Tinggi Pada Era Globalisasi, Makalah Nasional Pendidikan Indonesia V (Surabaya: 2004) Hlm 14
Meleong, Lexi, J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Muhaiminin, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002), H. 297..
Muhamad. (2014). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah dalam mewujudkan Program Keagamaan di SMA Negeri Terawas. Program Studi Ilmu Pendidikan Islam, Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam. Prgom Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang.
Nasution, S. (2003). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara
Nopriadi, E. 2016. Penerapan Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Sisa SD Negeri 38 Janna-Jannayya Kecamatan Sinoa Kabupaten Bantaeng. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Alaudin. Makassar
Oktarina, O. 2017. Strategi Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Pada Siswa Di SMPN 2 Penukal. Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Palembang.
Permadi, D. (2015). Kepemimpinan Mandiri (Profesional) Kepala Sekolah. Bandung: PT Sarana Panca Karya Nusa
Rifai, A. (2018). Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Nilai Di Sekolah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1-10.
Sayyid,M. dan Az-Za‟balawi, M. Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, terj. Abdul Hayyie al-Kattani, et.al., (Jakarta: Gema Insani, 2007), hlm. 345. 2 M. Sayyid
Susanti,S. .,Lian, B. .,& Puspita,Y. (2020). Implementasi Strategi Kepala Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(2), 1644-1657.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Soliha Euis, Hersugondo. 2008. Kepemimpinan Yang Efektif Dan Perubahan Organisasi. Fokus Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang Vol. 7 No. 2 Hal 83-93
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (research and development). Bandung: Alfabeta
Suharsaputra, U. (2016). Kepemimpinan Inovasi Pendidikan Mengembangkan Spirit Enterpreneurship Menuju School. Bandung: Refika Aditama
Sukmadinata, NS. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suyitno. (2018). Strategi Pembentukan Budaya Religius Untuk Meningkatkan Karakter Islami di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yoghyakarta. Jurnal Pendidikan. 10(2): 192-204.
Syafaat, A. (2008). Peranan Agama Islam, dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Syafi’I, M. Dkk. 1991. Pendidikan Islam Di Indonesia Cita Dan Fakta. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.
Sagala, S. Manajemen Strategik, Surabaya: 2004 Hlm 137
Sagala, S. Pendekatan dan Model Kepemimpinan, (Jakarta: Prenamedia Group), 2018), hal 102
Wahjosumidjo. (2011). Budaya Organisasi Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Pendek. Jakarta: Rajawali Pers.
Wahyudi, Agustinus, S. (1996). Manajemen Strategis: Pengantar Proses Berpikir Strategis. Jakarta: Binarupa Aksara, hal. 16
Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organisasi). Bandung: Alfabeta
Wulandari,Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan). 2(2)
Wulandari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentukan Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan). 1(1). 325-342
Published
2021-12-29
How to Cite
Esnah, E. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Padas Siswa SD 15 Penukal Kabupaten Pali. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2093-2105. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1743