Analisis Kemampuan Spasial Siswa pada Materi Bangun Ruang Balok dan Kubus Ditinjau dari Gaya Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.9897Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan spasial siswa dalam geometri pada materi bangun ruang sisi datar balok dan kubus berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII tahun ajaran 2023/2024. Pada penelitian ini, instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan spasial, angket gaya belajar, dan wawancara semi terstruktur. Teknik pengumpulan data menggunakan ketiga instrumen yang akan diuji kredibilitasnya menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model dari Miles dan Huberman diantaranya data reduction, data display (penyajian data), dan conclusion drawing (verification). Mengacu pada gaya belajar, subjek yang memiliki kemampuan spasial yang baik adalah gaya belajar visual. Gaya belajar auditorial memiliki kemampuan spasial yang cukup baik. Untuk gaya belajar kinestetik perlu adanya tindak lanjut karena kemampuan spasialnya yang kurang.
Kata Kunci:
Kemampuan spasial, Gaya belajar, Maier; , Bangun ruang sisi datarUnduhan
Referensi
Agustin, M. N. R., Subarinah, S., Soeprianto, H., & Arjudin. (2023). Analisis Kemampuan Spasial Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar di Kelas VIII SMPN 6 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 1380–1392. http://search.jamas.or.jp/link/ui/2014143423
Fitri, N. (2017). Profil Kemampuan Spasial Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2936/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2936/1/NURUL FITRI.pdf
Halizah, P. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Tingkat Visualitas di SMPN 1 Sukowono Jember [Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. In Skripsi. http://digilib.uinkhas.ac.id/23811/1/Skripsi_Putri Nur Halizah_T20197085.pdf
Hibatullah, I. N., Susanto, S., & Monalisa, L. A. (2020). Profil Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 115–124. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24853/fbc.6.2.115-124
Kamala, A. (2019). Profil Abstraksi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII MTS Negeri 02 Tulungagung [UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung]. http://repo.uinsatu.ac.id/12224/
Kurnia, O., Ratnaningsih, N., & Natalliasari, I. (2023). Analisis Kesalahan Peserta Didik Menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Spasial pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar David Kolb. 2(4), 202–207. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9554
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); 2nd ed.). PT Refika Aditama.
Linn, M. C., & Petersen, A. C. (1985). Emergence and Characterization of Sex Differences in Spatial Ability: A Meta-Analysis. Child Development, 56(6), 1479–1498. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/1130467
Maier, P. H. (2001). Spatial Geometry and Spatial Ability - How to Make Solid Geometry Solid? 69–81.
Ningsih, I. P., Budiarto, M. T., & Khabibah, S. (2021). Literasi Spasial Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1531–1540. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3650
Porter, B. De, & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (1st ed.). Kaifa Learning.
Purborini, S. D., & Hastari, R. C. (2018). Analisis Kemampuan Spasial Pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 49–58. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.147
Putra, G. V. H., Maya, R., Purwasih, R., Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMA dan SMK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Spasial Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1787–1796. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1787-1796
Ramful, A., Lowrie, T., & Logan, T. (2016). Measurement of Spatial Ability: Construction and Validation of the Spatial Reasoning Instrument for Middle School Students. Journal of Psychoeducational Assessment, 1–19. https://doi.org/10.1177/0734282916659207
Siregar, B. H., Siahaan, C. Y., & Hariyanti, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Spasial Melalui Penerapan Teori Van Hiele Terintegrasi dengan Multimedia dengan Mempertimbangkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Handayani, 9(2), 62–71. https://doi.org/10.24114/jh.v9i2.12021
Tambunan, S. M. (2006). Hubungan Antara Kemampuan Spasial dengan Prestasi Belajar Matematika. Makara Human Behavior Studies in Asia, 10(1), 27–32. https://doi.org/10.7454/mssh.v10i1.13
Usiskin, Z. (2007). What Should Not Be in The Algebra and Geometry Curricula of Average College-Bound Students? The Mathematics Teacher Ediucation, 100(6), 68–77. https://doi.org/10.5951/mt.73.6.041
Wulansari, A. N., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 504–513.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.