Deskripsi Disposisi Produktif Siswa pada pembelajaran Luring setelah Era New Normal

Authors

  • Fadhia Isnaini Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Karunia Eka Lestari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.9167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan disposisi produktif siswa pada masa transisi pembelajaran daring ke luring sebagai akibat dari pandemi covid-19 atau yang dikenal dengan era new normal. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, dengan teknik analisis data adalah desktiptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan ialah instrumen non tes berupa angket yang terdiri dari 22 penyataan yang mengamati aspek disposisi produktif. Adapun aspek yang diamati antara lain (1) tidak mudah menyerah; (2) percaya diri terhadap kemampuan; (3) memiliki keingintahuan yang tinggi; (4) semangat dalam belajar; dan (5) mau berbagi pengetahuan dengan teman yang lain; (6) menyukai matematika. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas IX SMP Al-Rahmah Jakarta Utara yang dipilih melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa berada pada kategori “Baik” yaitu sebesar 80%. Hal ini mengindikasikan bahwa perubahan sistem pembelajran daring ke luring khususnya pada masa setelah era new normal tidak berdampak signifikan pada kemampuan disposisi produktif siswa, serta hal tersebut menunjukkan bahwa meskipun situasi sulit, banyak siswa mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan produktivitas mereka.

Keywords:

disposisi produktif, Era New Normal, Pasca Pandemi Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Firmansyah, F. 2021. Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 589-597.

Hajerina, H., Suciati, I., & Wahyuni, D. S. 2022. Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika di Masa Pandemi Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 123-137.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. 2001. Adding it up: Helping children learn mathematics. National Research Council, & Mathematics Learning Study Committee.

Maisaroh, M. (2017). Disposisi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Menyelesaikan Masalah Berbentuk Open Start di SMP Negeri 10 Pontianak (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Nurmeilani, N. 2017. Peningkatan Kompetensi Strategis Dan Disposisi Produktif Siswa Dengan Metode Pembelajaran Spontaneous Group Discussion. Ekuivalen-Pendidikan Matematika, 30(2).

Puspitawati, V. S., & Agasi, G. R. (2017). Penggunaan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa SMP. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 147-158.

Rochyani, S. A. I. 2015. Meningkatkan Kompetensi Strategis, Penalaran Adaptif, dan Disposisi Produktif Siswa SMA Melalui Concept-Rich Instruction. Disertasi Doktor. Depok: Universitas Indonesia.

Setyaningsih, A. S. 2017. Hubungan Disposisi Matematis dan Komunikasi matematis terhadap Pemahaman Konsep pada Siswa di Kelas VII SMP N 9 Purworejo tahun Pelajaran 2016/2017. Disertasi Program Doktor. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Salamah, A. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep, Kemampuan Kompetensi Strategis serta Dampaknya terhadap Disposisi Produktif Siswa SMA melalui Pembelajaran Konflik Kognitif . Disertasi Program Doktor. Bandung: Universitas Pasundan.

Umar, W. 2012. Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9.

Widjajanti, D. B. 2011. Mengembangkan kecakapan matematis mahasiswa calon guru matematika melalui strategi perkuliahan kolaboratif berbasis masalah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Abstract Views : 63
Downloads Count: 55

Published

2024-04-30

How to Cite

Putri, F. I., & Lestari, K. E. (2024). Deskripsi Disposisi Produktif Siswa pada pembelajaran Luring setelah Era New Normal. Didactical Mathematics, 6(1), 119–123. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.9167

Issue

Section

Articles