Efektivitas Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Studi kasus di SMA dan MA Kota Bengkulu)

  • Guspita Malinda MAN 1 Bengkulu
Keywords: Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika adalah dalam menyelesaikan masalah matematika. Tuntutan kurikulum mengharuskan siswa menguasai kemampuan pemecahan masalah sehingga diperlukan pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 dan MAN 1 Kota Bengkulu. Instrumen pengumpulan data berupa soal pemecahan masalah. Analisis data menggunakan uji statistik Anova dan uji t-test. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (2) terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan hasil uji anova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 dan 0,004 kurang dari alpha (0,05)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Adi, Wiguna, S. Gijar, Jatisunda, M. & Santoso, Erik. (2019). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan gaya belajar auditori. Jurnal Didactical mathematics. Vol.1 No 2, Hal. 12-17
Susanto, E., Susanta. A, & Rusdi. (2020). efektivitas project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa. The Original Research of Mathematics, Vol.5 No.1, hal.61-68
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jhonson. B. (2002). Contextual Teaching & Learning.Bandung : MLC
Johnson, E, B. (2011). Contextual Teaching dan Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Penerbit Kaifa Learning.
Hanafiah, N., & Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refikasi Aditama.
Pimta, S; Tayruakham, S., & Nuangchalerm, P. (2009). Factors influencing mathematics problem-solving ability of sixth grade students. Journal of social sciences, 5(4), 381-385.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Brookhart, S.M. (2010). How to assess higher order thinking skills in your classroom. Alexandria: ASCD
Bumby,dkk. (1995). Integrated Mathematics Course. USA: Glencoe McGraw-Hill
Sugiyono. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Ratnaningsih, Nani. (2007). Pengaruh Pembalajaran Kontektual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematika Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas.Pasca Sarjana UPI
Muhalhamah & Putrawangsa, S. (2016). Penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan matematika, Vol 10, No. 1, Hal. 59-80
Safera, R., Sutiarso, S. & Bharata, H. (2015). Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan belief siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. Vol 3, no 1. Hal. 1-10
Huda, Hikmawati, & Kosim. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pijar MIPA. Vol 14, no 1, Hal. 62-72
Ramina, A., Maulana, & Kurniadi, Y. (2016). Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar pada materi keliling dan luas persegipanjang dan segitiga. Jurnal Pena Ilmiah, Vol 1, No. 1, Hal. 221-230
Published
2021-04-14
How to Cite
Malinda, G. (2021). Efektivitas Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Studi kasus di SMA dan MA Kota Bengkulu). Jurnal Didactical Mathematics, 3(1), 8-17. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/915
Section
Articles