Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika

  • Ijce Hormadia Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Aan Putra Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pemebelajaran Matematika

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran itu sangat diperlukan terutama dalam pembelajaran matematiaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Data dikumpulkan melalui jurnal-jurnal yang terkait untuk dikaji. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode SRL (Systematic Literatul Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan meriview semua artikel mengenai kemampuan berpikir kreatif yang diterbitkan dalam kurun waktu 2015-2020. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 28 artikel jurnal nasional terakriditasi yang diperoleh dari database geogle scholar menggunakan aplikasi publish or perish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif sangat erat kaitannya dengan siswa terutama pada pembelajaran matematika karena dengan berpikir kreatif dapat memunculkan banyak manfaat pada siswa. Hal ini terlihat dari banyaknya teori dan penelitian yang mendukung ketrampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika serta berhasil dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kreatif baik pada siswa tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, I. N. (2018). Modern Serta Berperan dalam Berbagai Disiplin dan Pengembangan Proses Berpikir Manusia . Pembelajaran Berbasis Masalah Open-ended Lebih Tinggi dari pada Siswa Mengikuti Menyebutkan Bahwa Melalui Pendekatan Konstruktivis dapat Meningkatkan Kemampuan. 2(1), 57–66.
Amelia, R., Aripin, U., & Hidayani, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. 1(6).
Ardiani, F., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Materi Asam Basa. 91–103.
Ayu, R., & Tri, A. (n.d.). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project-based Learning
Ayuni, R., Firmansyah, D., Senjayawati, E., & Maya, R. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan pada Materi Lingkaran. II(2), 139–148.
Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Peluang. 2(4), 155–160.
Eko, A., & Cahyono, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem-Based Learning Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Inisiatif Siswa Developing Problem-Based Learning Instructional Kits Oriented to Creative Thinking and the Initiation of the Students. 12(1), 1–11.
Haryati, E., Andayani, Y., Wahidah, S., Idrus, A., Studi, P., Kimia, P,K. (2019). Analysis Of Learning Interest and The Initial Ability Of Students Crirical 14(3), 128–134.
Hasanah, U., Wahyu, R., & Putra, Y. (2017). Analisis Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahakan Masalah (d), 137–149.
Herdani, P. D., & Ratu, N. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open – Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. 2(1), 9–16.
Kristiana, A., Utami, D., & Kuneni, E. (2016). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Geometri Ditinjau dari Kemampuan Awal (pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedu Kabupaten Tulungagung. (November), 351–361.
Kurniyawati, Y., Mahmudi, A., & Wahyuningrum, E. (2019). Efektivitas Problem-Based Leearning Ditinjau dari Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematis. 6(1), 118–129.
Kusmawan, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah. 4(1), 33–42.
Lestari, W. D., & Wiralodra, U. (2014). Perbedaan Peningkatan Kemammpuan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Proyek. 1, 45–55.
Mahitsa, M., Mahardini, A., & Fisika, P. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Geoolge Classroom.
Masitoh, L. F., & Hartono, H. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PBL Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy Developing Mathematics Instructional Materials Using PBL Approach Oriented to Creative Thinking Ability and Self-Efficacy. 12(2), 220–230.
Meiliana, L., & Aripin, U. (2003). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Regularted Learning pada Siswa SMPN 1 MARGAASIH. 01(04), 644–652.
Muhandaz, R., Lasari, M. M., & Kurniati, A. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP. 1(3), 260–267.
Moma, L. (2010). Develoving Mathematical Creative thinking and Problem Solving Ability Through Discussion Method. 130–139.
Novianti, F., Nova, T., & Yunianta, H. (2018). Bentuk Aljabar yang Ditinjau dari Gaya Belajar. 5(1), 120–132.
Ode, W., Arisanti, L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis Penguasaaan Konsep dan Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Mealalui Projech Based-learning.
Patimah, F., & Adah, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Kimia Ditinjau dari Adversity Quotient, Sikap iImiah dan Minat Belajar 6(3), 197–206.
Permata, L., & Ulum, W. M. (2018). Soal Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Bolorejo Kecematan Kauman Kabupaten Tulungagung Th 2017 / 2018 V. 1–9.
Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. 9(1), 47–53.
Rachmawati, R. I. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving dan Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dilihat dari Kemampuan Awal Pada awal tahun 2016 Masyarakat Ekonomi tinggi. 1(1), 85–102. https://doi.org/10.17509/jurnal
Rahma, A. F., Novtiar, C., & Sugandi, A. I. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri Sukasari Cimahi pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Pendekatan. 1(2)
Rifa, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kememnarikan Media Pembelajaran Phet Berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. 1, 19–28.
Robiah, S., Adawiah, A., Rumbiyah, S. R., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VII pada Materi Segitiga dan Segiempat. 01(03), 460–470.
Rosyid, A., Nuraeni, Z., Apriati, A., Kuningan, S. M., Murtasiah, J., & No, S. (2018). Matematis melalui penerapan model pembelajaran problem posing ditinjau berdasarkan kemampuan analisys of improfing imformatika reasoning learning model by implementation problem posing learning model based on student early mathematical ability. 3, 11–22.
Safitri, Y. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Awal Siswa SMP / MTS dalam Berliterasi Sains pada Konsep IPA. 25, 165–170.
Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. 9(September), 511–520.
Setiyawan, R. A., & Wijayanti, P. S. (2020). Analisis Kualitas Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. 1(2), 130–139.
Siregar, I.& Asih, E. C. M. (2018). Analisis Ksulitan Siswa SMP Menghadapi Soal Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis. 3, 82–92.
Sumartini, T. S. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa melalui Pembelajaran Mood , Understanding , Recall , Detect , Elaborate , and Review Mosharafa. 8, 13–24.
Suripah, S., & Sthephani, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Akar Pangkat Persamaan Kompleks Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik Students ’ Mathematical Creative Thinking Ability in Solving Complex Roots of Equations Based on The Level of Academic Ability. 12(2), 149–160.
Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika.
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMAKkelas XI pada Materi Trigonometri Ditinjau dariSself Confidence. 1(3)
Wajdi, B., Hizbi, T., Studi, P., & Fisika, P. (n.d.). Penerepan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Berbasis Observasi Gejala Fisis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa pada Pembelajaran IPA. 99–110.
Yanty, E., & Nasution, P. (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. 1(3), 44–55.
Yuliani, H., Yulianti, R., & Herianto, C. (2017). Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah Di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik.
Published
2021-04-14
How to Cite
Hormadia, I., & Putra, A. (2021). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 3(1), 1-7. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/914
Section
Articles