Systematic Literatur Review : Pengaruh Media Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.9001Abstract
Hasil belajar matematika siswa masih belum sesuai dengan harapan guru, dan masih tergolong rendah. Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa salah satunya adalah pengunaan media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media sosial terhadap hasil belajar siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literatur Review). Peneliti menerapkan metode ini dengan melakukan identifikasi, analisis, evaluasi dan interpretasi terhadap semua penelitian yang ada. Data dikumpulkan untuk direview dari semua artikel atau jurnal sesuai dengan yang dikaji. Setelah mengkaji semua artikel atau jurnal yang dipublikasikan dalam 10 tahun terakhir, analisis menunjukkan adanya korelasi antara penggunaan media sosial dan hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan media sosial memberikan dampak positif terhadap hasil belajar matematika dengan memberikan kemudahan siswa untuk mencari sumber pembelajaran. Contohnya, siswa dapat menonton video pembelajaran matematika di berbagai platform media sosial seperti youtube, facebook, whatsapp, instagram dan tiktok. Selain itu, media sosial juga dapat digunakan sebagai alat atau media dalam pembelajaran. Sedangkan dampak negatif dari penggunaan media sosial apabila youtube, facebook, whatsapp, instagram, tiktok, dan berbagai media sosial lainnya digunakan untuk hal-hal yang kurang penting, sehingga siswa lalai. Hal tersebut akan menyebabkan beberapa orang kesulitan untuk melepaskan diri dari ketergantungan pada media sosial, sehingga hasil belajar matematikanya rendah.
Keywords:
Hasil Belajar,Matematika,Media SosialDownloads
References
Andre Maulana, Sri Hastuti Noer, E. Y. H. (2022). Pengembangan Media Serial Animasi Matematika Berbantuan Instagram Berkaitan Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1), 1–23.
Aulia, N., & Asyhar, B. (2022). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 64–69. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i2.1168
Azmi, L., Iltavia, & Firdaus, A. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Siswa Kelas XII MAN 3 Padang Panjang. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 196. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Lencana/article/view/897
Dedyerianto. (2019). Pengaruh Internet dan Media Sosial terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pendidikan adalah faktor yang penting dalam pembentukan karakter pribadi manusia . Pendidikan dan ilmu pengetahuan dapat diperoleh bukan hanya dari bangku sekolah saja. AL-TA’DIB Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 208–225.
Fatkhurrozi, A., Amaniyah, I., Rahmawati, I., & Lailiyah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring menggunakan Goole Meet dan Whatsap Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 28–42.
Hadisti, S., & Rahmat, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2 Payakumbuh. Journal of Educational Management and Strategy (J E M A S T), 02(01), 1–10.
Halawa, F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gomo Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Journal on Education, 06(02), 13654–13672.
Indahwati, R., & Basri, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Facebook Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 2(2), 74. https://doi.org/10.24269/js.v2i2.787
Khalda, S., & Haq, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Channel Youtube Privat Al Faiz terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Riset Matematika Dan Sains Terapan, 2, 69–75.
Khasana, V. A., Setiyawan, H., & Desiningrum, N. (2020). Pengaruh Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Child Education Journal, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1590
Kusmaryono, I., & Basir, M. A. (2024). Learning media projects with YouTube videos: a dynamic tool for improving mathematics achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(2), 934–942. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i2.26720
Mansah, H., & Safitri, I. (2022). the Effectiveness of Improving Student Mathematics Literacy Through the Use of the Facebook Application. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 683. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4743
Munawaroh, I. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 1 Sindangkasih. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 1(9), 266–273.
Nurul Hasanah, Muhammad Yaumi, U. S., & Program. (2024). Pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis multimedia terhadap hasil belajar ips kelas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 06(1), 67–78.
Oktavia, D. N., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kelas Rendah. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 154. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.714
Olita, C., Tulandi, S., Sumarauw, S. J. A., & Regar, V. E. (2022). Dampak Penggunaan Media Sosial Pada Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 1 Pusomaen. EDUCATIONAL JOURNAL : General and Specific Research, 2(3), 328–342. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/166
Parinata, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Youtube Dan Facebook Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.1061
Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 1(1), 24–30.
Rahma Amadea Septiani, & Abadi, A. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika. Didactical Mathematics, 4(2), 355–361. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2156
Rahmawati, M. S., & Soekarta, R. (2021). Social Media-Based E-learning and Online Assignments on Algebraic Materials. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 175–190. https://doi.org/10.22342/jpm.15.2.13714.175-190
Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 25. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36
Rustiyono. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Learning Community Berbasis Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(3), 33–40. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i3.886
Saragih, J. H., & Panjaitan, D. J. (2023). Pengaruh penggunaan media sosial youtube terhadap motivasi belajar matematika dan self-efficacy siswa menggunakan kurikulum merdeka belajar pada siswa kelas X di SMK Negeri Kota Medan. Journal of Didactic Mathematics, 4(3), 180–188. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i3.1862
Sinatrya, P., & Aji, S. U. (2020). Efektivias Model Pembelajaran Flipped Classroom Daring Menggunakan Media Sosial Instagram di Kelas X SMK. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 81–90. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.368
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.
Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.