Optimalisasi Penggunaan Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bilangan Bulat

Authors

  • Made Radheva Ranindita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Kartika Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ayu Mahayukti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8981

Keywords:

Media pembelajaran, Kemampuan berpikir kritis, Matematika, LKPD elektronik, Bilangan bulat, Liveworksheet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, kepraktisan dan efektivitas LKPD elektronik melalui liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi bilangan bulat kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, tetapi hanya sampai tahap development. Subjek pada kajian ini ialah 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 guru matematika dan siswa sebanyak 7 orang untuk uji coba kelompok kecil. Media LKPD elektronik yang dikembangkan sudah melalui uji kelayakan dengan rata-rata skor totalnya adalah 4,62 yang termasuk kategori sangat layak, uji kepraktisan dengan rata-rata persentase dari angket respon guru dan angket respon peserta didik adalah 93,65% dan termasuk kategori sangat praktis, dan uji efektivitas dengan nilai N-Gain yakni 0,71 yang termasuk kategori tinggi. Jadi, media LKPD elektronik yang dibuat dalam penelitian ini telah layak, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, M. K., & Hidayanti, N. (2020). Pengembangan Modul Integral Menggunakan Geogebra berbasis revolusi 4.0. Jurnal Didactical Mathematics, 2(3), 128–136. https://media.neliti.com/media/publications/453758-none-08a9d2e0.pdf

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40–50.

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927

Baihaki, Danaryanti, A., & Kamaliyah. (2021). Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis HOTS Menggunakan Quizizz. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3352

Bombang, V., Fayeldi, T., & Pranyata, Y. I. P. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik Menggunakan Aplikasi Live Worksheet Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII SMPN 17 Malang. Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 4(1), 27–41. https://doi.org/10.21067/jtst.v4i1.6890

Farida, N., & Ferdiani, D. R. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Mengkonstruksi Materi Teori Bilangan. Terapan Sains & Teknologi, 3(3).

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277

Fianingrum, F., Nindiasari, H., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507

Habsyi, R., R. M. Saleh, R., & Isman M. Nur. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.385

Khoerunnisa, N., Badruzzaman, N., & Gani, R. A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Liveworksheets Pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.71718

Mahayukti, G. A. (2018). The Effectiveness of Mathematics Software Aided Learning Tool with Performance Assessment on Student Independence and Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1040(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012029

Manurung, A., B.Panjaitan, M., & Thesalonika, E. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Hasil Belajar dalam Materi Bilangan Bulat di Kelas V UPT SD Negeri 02 Lima Puluh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 6392–6401. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7711

Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung. Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1).

Muanifah, M. T., & Rhosyida, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa PGSD. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2), 1094–1100. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i2.9169

Organization of Economic Co-opoeration and Development. (2022). PISA 2022 Result.

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Putri, I. P. (2022). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Menggunakan Live Worksheets Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. In Doctoral Dissertation Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP-UKSW (Vol. 33, Issue 1). Universitas Negeri Padang.

Shalahuddin, M. H., & Hayuhantika, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual dengan Media Liveworksheets Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), 71–86. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.1.71-86

Suarsana, I. M., Mahayukti, G. A., Sudarma, I. K., & Yoga, I. N. B. A. (2018). Development of Interactive Mathematics Learning Media on Statistics Topic for Hearing-impaired Student. International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research, 4(6), 55–66. https://doi.org/10.21744/irjeis.v4n6.377

Suharsono, & Handayani, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets Dalam Pembelajaran Online. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 121–126. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i2.2995

Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan , 4(3), 4025–4035. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2844

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Made Radheva Ranindita, Putu Kartika Dewi, & Gusti Ayu Mahayukti. (2024). Optimalisasi Penggunaan Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bilangan Bulat. Didactical Mathematics, 6(1), 109–118. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8981

Issue

Section

Articles