Deskripsi Keterampilan Kolaboratif Siswa Kelas III SD Materi Bangun Datar Melalui Etnomatematika Motif Batik Madura

Authors

  • Widia Putri Aditya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Feny Rita Fiantika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8950

Abstract

Etnomatematika, sebagai konsep yang menggabungkan matematika dengan aspek budaya, menjadi pusat perhatian utama dalam memperkaya pembelajaran matematika di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan kolaboratif siswa kelas III SD dalam memahami materi bangun datar melalui pendekatan etnomatematika motif batik Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan di SDN Wonokusumo VI No. 45 Surabaya. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes tertulis untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang interaksi siswa dengan materi bangun datar. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi dapat melampaui indikator kemampuan kerjasama, sedangkan siswa dengan kemampuan sedang dapat mencapai indikator tersebut. Namun, siswa dengan kemampuan rendah mengalami keterbatasan dalam kemampuan kerjasama. Temuan ini menekankan bahwa penggunaan etnomatematika dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kolaborasi siswa di kelas, dengan pendekatan yang terintegrasi dengan budaya lokal seperti motif batik Madura, yang juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Selain itu, meningkatnya kompetensi guru dalam memahami dan menerapkan etnomatematika diyakini dapat mengatasi tantangan dalam pembelajaran matematika di tingkat dasar.

Keywords:

Collaborative Skills; , Build Flat; , Ethnomathematics; , Batik Motifs, ; Madura.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andelia, I. S. K., Wijayanti, R. R., & Faulina, R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Geometri Transformasi dalam Penerapan Etnomatematika Budaya Batik Tulis Tanjung Bumi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1797-1809. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1384

Fadila, R. W., & Mariana, N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Lompat Tali.

Fadillah, H. E., Mariana, N., & Indrawati, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Etnomatematika Melalui Pengaitan Konsep Narasi Kue Semprong Pada Kelas 2 Di SD Negeri 3 Gading Surabaya. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(2), 147-153. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p147-153

Fajriyeh, L., & Zayyadi, M. (2023). Etnomatematika: Eksplorasi Budaya Rokat Tase’Pantai Jumiang Pamekasan Madura. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2), 458-467. http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16280

Fiantika, F. R., Darsono, D., & Ika, S. (2019). Etnomatematika: Kristalisasi Budaya dalam Model Pembelajaran 3R Core. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 13(3), 205-214. https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss3pp203-210ar941

Hamdani, M. S., ., M., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 431–437. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778

Khofifah, L., Sugiarti, T., & Setiawan, T. B. (2018). Etnomatematika karya seni batik khas Suku Osing Banyuwangi sebagai bahan lembar kerja siswa materi geometri transformasi. Kadikma, 9(3), 148-159. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i3.11066

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.

Oktavianti, D., Hakim, A. R., Hamid, A., Nurhayati, N., & Mulyatna, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 29-44. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14921

Perdani, C. W., Darsono, D., & Fiantika, F. R. (2020). Kajian Pembuatan Krecek Kerupuk Rambak Kanji Pada Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Pace Dari Sudut Pandang Etnomatematika Melalui Berpikir Spasial (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Putri, A. T. Y., Fiantika, F. R., & Rusminati, S. H. (2023). Implementation of Apem Cake Media as Mathematics Teaching Materials in Elementary School. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(11), 2691-2700. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i11.6841

Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Etnomatematika Madura: Keraton Sumenep sebagai Sumber Belajar Matematika. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 76-89. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9875

Rizqi, M. F., & Lukito, A. (2021). Eksplorasi etnomatematis motif batik di Kamp Batik Jetis Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 10(2). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n2.p410-419

Susanto, N. C. P., Hartati, S. J., & Setiawan, W. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Dan Karakter Berpikir Kritis Siswa SD Berbasis Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 48-69. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i2.12534

Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif.

Widiarto, A. (2020). Analisis Kebijakan Pengelolaan Guru di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(01), 89-103. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v11i1.1525

Wiryanto, W. Pengembangan Media Arlogy Berbasis Etnomatematika Untuk Pembelajaran Bangun Datar Dan Ruang Di Sekolah Dasar.

Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36-40. http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v2i2.124

Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika Pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216–226.

Downloads

Abstract Views : 53
Downloads Count: 64

Published

2024-03-29

How to Cite

Aditya, W. P., & Fiantika , F. R. (2024). Deskripsi Keterampilan Kolaboratif Siswa Kelas III SD Materi Bangun Datar Melalui Etnomatematika Motif Batik Madura. Didactical Mathematics, 6(1), 30–39. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8950

Issue

Section

Articles