Implikasi Media Audio Visual dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Sudianto Sudianto Universitas Majalengka
  • Dewi Damayanti Hariri Universitas Majalengka
  • Rohim Isnain Septian Wibowo SMK Manbaul Ulum Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.8718

Keywords:

Learning media, Audio-visual;, Mathematics Learning

Abstract

Pembelajaran matematika sering kali dihadapkan pada tantangan dalam mengajarkan konsep-konsep yang kompleks dan abstrak kepada siswa, agar konsep matematika dapat lebih mudah di pahami oleh siswa maka diperlukan media dalam pembelajaran matematika. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika yaitu media audio visual. Tujuan dari analisis ini untuk mengetahui bagaimana implikasi media audio visual dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Peneliti mengkaji beberapa artikel yang berkaitan dengan permasalahan diatas. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 13 artikel jurnal yang diperoleh dari google schoolar dan sumber lainnya dalam kurun waktu 2017-2023. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa salah satu media yang efektif dilakukan dalam pembelajaran matematika yaitu media audio visual. Dengan menerapkan media audio visual pada pembelajaran dapat menarik perhatian siswa, meningkatkan motivasi belajar dan mengkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin. (2020). Pengertian Media Audio Visual, Kelebihan, Kekurangan dan Manfaatnya. Bungfei.com.

Anisa, Y. (2022). Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 13-21.

Budiman, H. 2016. Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7 (1), 14-25.

Harefa, D., & La'ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327-338.

Hasan, H. 2016. Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. JURNAL PESONA DASAR, ol. 3 No.4, Oktober 2016, hal 22 - 33

Hasratuddin. 2008. Permasalahan Pembelajaran Matematika Sekolah dan Alternatif Pemecahannya. Pythagoras, 4(1), 6773

Hidayati, W. 2021. Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Majalahlarise

Huda, L. L., Masykur, R., & Andriani, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Dampak Pembelajaran Treffinger Berbantuan Media Audio Visual. MAJU: Jurnal Ilmiah, 8(1), 8-18.

Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa smp di era pandemi covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1-11.

Miudi, I. A., & Supriansyah, S. (2023). Pengaruh Media Video Animasi Powtoon terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Pejaten Timur 01. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 372-379.

Muhyiddin, A.Z., Sutomo, M., & Suhardi, A. 2021. Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman dan Daya Tangkap Siswa dalam Memahami Materi. PESAT: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 7(3), 113-124

Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., & Yanti, A. A. (2021). Pengembangan media audio visual pada pembelajaran matematika di kelas 1 MI al hikmah 1 sepatan. PENSA, 3(1), 149-165.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66-74.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346-354.

Prastica, Y., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2021). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5), 3260-3269.

Putri, W., & Herlinda, S. (2022). Mengenalkan Konsep Bilangan Melalui Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Talenta: Journal of Early Childhood Education, 13(1), 44-57.

Salahuddin, M., & Yamin, M. (2021). Implikasi Media Video Pembelajaran Matematika dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) di Masa Pandemi pada Mahasiswa Matematika STKIP Harapan Bima. Jurnal Basicedu, 5(6), 5899-5905.

Setiawan, I. D., & Permana, I. P. (2021). Dampak Media Pembelajaran Daring Berbantuan Video Animasi 2D pada Mata Kuliah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 484-492.

Sumartiwi, N. M., & Ujianti, P. R. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(2).

Thabroni, G. (2020). Pendidikan: Pengertian, Unsur, Tujuan, Fungsi, dsb (Lengkap). Serupa.id.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Sudianto, S., Hariri, D. D. ., & Wibowo, R. I. S. (2023). Implikasi Media Audio Visual dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 5(2), 573–579. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.8718