Pengaruh Model NHT (Numbered Head Together) Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Kecerdasan Logis Matematis Siswa

Authors

  • Erni Nurjanah STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Esmi Tsalsa Sofiawati STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Syifa Sakinah Al Qolbi STKIP Bina Mutiara Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8700

Keywords:

Video Assisted Numbered Head Together Model; Mathematical Logical Intelligence Ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kecerdasan logis matematis siswa; 2) pengaruh model pembelajan NHT (Numbered Head Together) berbantuan video. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan objek penelitian siswa kelas V berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data kecerdasan logis matematis siswa diukur melalui instrumen tes, untuk menganalisis data dalam penelitian ini digunakan uji statistik yaitu uji independentt sample t-test. Berdasarkan hasil uji-t menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model NHT berbantuan video terhadap kecerdasan logis matematis siswa. Selain itu, berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata 87, 21 untuk kelas eksperimen dan 66,58 untuk kelas kontrol. Hal ini menandakan bahwa dengan menggunakan model NHT berbantuam video dapat meningkatkan kecerdasan logis matematis siswa kelas V di SDN Cibereum Hilir 3 Tahun pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Tri Nugroho, Wahyudi, I. B. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Numbered Head Together) Berbantu Video Pada Siswa Kelas VI SD N 2 Butuh Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Edisi 1 Ce). Jakarta: Prenadamedia Group. Diambil dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=862447

Amaliah, R. (2016). Hasil belajar biologi materi sistem gerak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE) pada siswa kelas XI SMAN 4 Bantimurung. Jurnal Dinamika, 8(1), 11–17. Diambil dari https://ejournal.umm.ac.id

Arafat, S., & Cahyono, A. E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education Journal : Journal Education Research and Development, 2(2), 53–63.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arismayani, N., Yusuf, M. T., & Latuconsina, N. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Polong Bangkeng Utara Kabupaten Takalar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(2), 119–148. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n2a1

Budimanjaya, S. &. (2015). Strategi Mengajar (MI). Jakarta: PT Fajar Intepratama Mandiri.

Ciptahadi, N. P. M. A. dan K. G. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10208

Dewi, R. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Keampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 17 Makassar. UIN Alauddin Makassar. UIN ALAUDDIN MAKASSAR. https://doi.org/http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/7831

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2873

Gunawan, A. (2012). Born To Be a Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hakim, I. (2013). Pengaruh Pembelajaran tutor sebaya berbantuan simulator CISCO PACKET TRACER Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMK Pada Pelajaran Produktif Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Repository.Upi.Edu.

Hendri Fitriadi. (2019). Pengaruh Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Momentum Kelas X SMKN 2 Sigli. Skripsi. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM, BANDA ACEH.

Jahja, Y. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. Diambil dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Manasikana, A. (2019). Pembelajaran Matematika Pada Kelas Iv Di Mi Nu 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal Tahun 2018 / 2019. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

Mardianti. (2015). Penerapan Model Numbered Heads Together dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas III SDN Karangayu 03 Kota Semarang. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Mundayanah, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media “Paku Lincah” Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG 2019. Diambil dari http://eprintslib.ummgl.ac.id/1319/%0Ahttp://eprintslib.ummgl.ac.id/1319/1/15.0305.0075_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Ningsih, W. D. (2012). Pengaruh Penggunaan Modul Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Frais Terhaap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Permesinan di SMK N 2 Klaten. Jurnal Biogenesis. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Diambil dari https://biogenesis.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSB/article/view/5134

Nini, N. V. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pada Materi Sel Kelas XI Di SMAN 1 Sandai Kabupaten Ketapang. Progress in Retinal and Eye Research. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK PONTIANAK.

Nursamsi. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Tanakeke. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3192

Nurwinda, Khaedar, M., Cayati, & HS, E. F. (2022). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–44. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.

Pebriani, C. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Putri, L. U. (2017). Pengaruh Permainan Dakon Terhadap Kecerdasan Logika Matematika. skripsi. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG.

Putri, S., Sulmilasari, N., & Fakhrudin , A. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Di Kelas III SDN 195 Palembang. Journal On Education, 37-47. DOI:10.31004/joe.v5i4.2282

Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk (Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar). J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42

Rafa’ah. (2016). Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: CV: Budi Utama.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas V MIN 7 Medan Denai T.A 2018/2019. Journal of Chemical Information and Modeling. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

Ridwanthi, K. D. P., Japa, I. G. N., & Agung, A. A. G. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Question Cards Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 6 Bondalem. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.916

Rosdianti. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII B SMP Neg. 1 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.

Safitra. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Santoso, S. (2015). SPSS 20 Pengolahan Data Statistik di Era Informasi. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.

Sinar Rosidah Zidni. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Karanganyar 01. skripsi, 6(1), 5–10.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sulisto, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Eureka Media Aksara (1 ed.). Prubalingga: Eureka Media Aksara.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif-Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Edisi1 Cet). Jakarta: Kencana. Diambil dari https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=20074

Winarni, A. T. (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Kaliabu Kabupaten Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil dari https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23956527/

Windura, S. (2013). Mind Map untuk Siswa, Guru dan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530

Yulisa Dewi, Sri Hastuti Noer, H. B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis siswa. Pendidikan Kimia PPs UNM, 1(1), 91–99. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7530

Downloads

Published

2024-04-07

How to Cite

Nurjanah, E., Sofiawati, E. T., & Al Qolbi, S. S. (2024). Pengaruh Model NHT (Numbered Head Together) Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Kecerdasan Logis Matematis Siswa . Didactical Mathematics, 6(1), 98–108. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8700

Issue

Section

Articles