Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Siswa dalam Menyelesaikan Trigonometri Ditinjau dari Jenis Kelamin

Authors

  • Disi Rivian Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8528

Abstract

Pemahaman relasional bukanlah sekadar informasi yang hanya disampaikan sekali kepada peserta didik tetapi, harus disampaikan sedikit demi sedikit, melalui penalaran bahwa peserta didik dapat mengetahui antar konsep yang rasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman relasional siswa laki-laki dan perempuan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada November 2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu SMA Negeri Kabupaten Karawang Tahun 2023/2024. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik acak (probability sampling) sehingga diperoleh siswa kelas X.5 yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Kemudian dipilih 6 subjek, yaitu 3 laki-laki dan 3 perempuan yang memiliki kemampuan pemahaman relasional kategori tinggi, sedang, dan rendah yang akan dijabarkan hasil jawabannya pada saat menjawab soal. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan instrumen tes pemahaman relasional siswa yang terdiri dari 2 butir soal bercabang 2 setiap soalnya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman relasional siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki.

Keywords:

Analisis, Pemahaman Relasional, Jenis Kelamin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, E. (2017). Analisis Pemahaman Siswa Berkemampuan Tinggi Sedang Dan Rendah Materi Trigonometri Dengan Menggunakan Teori Taksonomi Solo Pada Kelas X SMAN 1 Campurdarat. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. http://www.albayan.ae

Azizah, N. R., Imamuddin, M., Aniswita, & Rahmat, T. (2022). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 199-206.

Fatmala Sari, S., Amrullah, A., Kurniati, N., & Azmi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau dari Teori SKEMP Materi Segi Empat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2060–2070.

Rahmi, F., Iltavia, I., & Zarista, R. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Matematika Realistik untuk Membangun Pemahaman Relasional pada Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2869–2877.

Saparida, C., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2021). Pemahaman Relasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Di Kelas XI MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(1), 1–13.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176.

Sholihah, A. (2020). Analisis Pemahaman Relasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 33–37.

Sudrajat, S. (2022). Pemahaman Relasional Dan Instrumental: Bagaimana Pengaruhnya Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Matematis? ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–52.

Suwandi, S., & Budiastuti, E. (2021). Model Advance organizer dengan Pendekatan Humanistik: Upaya Meningkatkan Pemahaman Relasional Siswa SMK pada Materi Program Linear. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 65.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sma Ii. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71.

Wulandari, F., & Rakhmawati, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Matematis : Dampak Strategi Pembelajaran Index Card Match. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 203–209.

Downloads

Abstract Views : 37
Downloads Count: 49

Published

2024-04-07

How to Cite

Rivian, D., & Hidayati, N. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Siswa dalam Menyelesaikan Trigonometri Ditinjau dari Jenis Kelamin. Didactical Mathematics, 6(1), 88–97. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8528

Issue

Section

Articles