Analisis Cluster untuk Hubungan antara Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan K-Means Clustering

Authors

  • Zilka Sabrina Rochadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mokhammad Ridwan Yudhanegara Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8044

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengklasterisasi kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta untuk mengetahui hubungan kedua kemampuan tersebut. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Karawang yang berjumlah 612 siswa dengan sampel sebanyak 86 siswa yang diperoleh bersadarkan rumus Slovin serta menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dari hasil pemberian instrumen tes berbentuk soal uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengolahan data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan penskoran yang selanjutnya dilakukan pengelompokkan menggunakan metode k-means clustering dan dianalisis menggunakan teknik uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMK Negeri 3 Karawang terbagi menjadi 3 cluster, yaitu cluster tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian, secara umum terdapat hubungan yang signifikan antara kedua kemampuan tersebut dengan tingkat kekuatan hubungan pada kategori sedang/cukup. Namun, secara khusus pada cluster 1 dan 3 tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kedua kemampuan tersebut.

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Korelasi Rank Spearman, K-Means Clustering

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfina, Tahta, Santosa, Budi, dan Barakbah, Ali R. (2012). Analisa Perbandingan Metode Hierarchical Clustering, K-means dan Gabungan Keduanya dalam Cluster Data (Studi kasus: Problem Kerja Praktek Jurusan Teknik Industri ITS). Jurnal Teknik ITS, 1 (1), 521-525.

Bernard, M., Nurmala, N., & Mariam, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. Supremum Journal of Mathematics Education, 1 (2), 77-83.

Fauziah, S. R., Rismen, S., & Lovia, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Era New Normal. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 1 (1), 45-52.

Irnawati. (2015). Kontribusi Komitmen Guru dan kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Penelitian Korelasional di Madrasah Aliyah Negeri 2 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3 (1), 77-84.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditam.

Mahuda, I. (2017). Pembelajaran Kooperatif Co-op Co-op dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10 (2), 31-39.

Mayasari, D., Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemapuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10 (1), 252-261.

Muhammad, M., & Akhsani, L. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Metode K-Means Clustering Melalui Model Problem Based Learning. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5 (2), 120-130.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 82-90.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2 (1), 1-10.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M. M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA B SMA Kampus Teluk Dalam melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and Development, 6(1), 90-90.

Suputra., Candiasa., & Suryawan. (2021). Klasterisasi Hasil Ujian Nasional SMA/MA dengan Algoritma K-Means. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajaran, 5 (1), 22-30.

Virgia, Z., Granita., & Nelson, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Stategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JURING: Journal for Research in Mathematics Learning, 2 (4), 137-379.

Yuliani, E. N., Zulfah., & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kouk Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 91-100.

Downloads

Abstract Views : 71
Downloads Count: 57

Published

2024-04-03

How to Cite

Rochadi, Z. S., & Yudhanegara, M. R. (2024). Analisis Cluster untuk Hubungan antara Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan K-Means Clustering. Didactical Mathematics, 6(1), 68–79. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8044

Issue

Section

Articles