Analisis Self-efficacy Siswa SMK pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Authors

  • Doni Ramdan Doni Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8019

Keywords:

Sistem persamaan linear tiga variabel, , Self-efficacy,, Skala Likert

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana self-efficacy siswa SMK saat dihadapkan pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu SMK di daerah Depok Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 36 siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan penelitian kualitatif. Pengambilan sampel secara acak pada satu kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pemberian angket non-test dengan pengumpulan dam analisis data menggunakan Skala Likert. Penelitian ini menunjukan bahwa siswa memiliki self-efficacy yang tinggi pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang dilihat dari jawaban pernyataan pada angket skala likert yang sudah diujikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariani, D. R., Neta, F., & Munandar, I. M. (2021). Penerapan Teknik Color Grading dan Musik Scoring pada Tahap Paska Produksi Film Horor" Waktu Terlarang". Journal of Applied Multimedia and Networking, 5(1), 29-41.

Çi̇ltaş, A., & Tatar, E. (2011). Diagnosing Learning Difficulties Related to the Equation and Inequality that Contain Terms with Absolute Value. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2).

Istivarati, H., & Roesdiana, L. (2022, January). Analisis Kemandirian Belajar Matematika SISWA dalam Pembelajaran secara Daring (online) Dimasa Pandemi. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Khairullah, K., Soedijono, B., & Al Fatta, H. (2017). Pengukuran kualitas sistem informasi inventaris aset Universitas Muhammadiyah Bengkulu menggunakan metode Mccall. Informasi Interaktif, 2(2), 84-92.

Khiat, H. (2010). A grounded theory approach: Conceptions of understanding in engineering mathematics learning. Qualitative Report, 15(6), 1459-1488.

Sari, P. I., & Kasiono, K. (2022). Pengembangan Pembelajaran Online Melalui Media Berbasis Google Classroom dalam Meningkatkan Kontinuitas Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 358-363.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.

Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17-22.

Downloads

Published

2024-04-03

How to Cite

Doni, D. R., & Munandar, D. R. (2024). Analisis Self-efficacy Siswa SMK pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Didactical Mathematics, 6(1), 61–67. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8019

Issue

Section

Articles