Studi Literatur: Pengembangan Kota Geometri Board sebagai Alat Peraga Pemahaman Konsep Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Andreanna Kusuma Wardhani Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang
  • Arief Yulianto Universitas Negeri Semarang
  • Nuni Widiarti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.7730

Keywords:

Pemahaman Konsep; , Kota Geometri Board; , Alat Peraga Matematika

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan Kota Geometri Board sebagai alat peraga inovatif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika di sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika dan membantu siswa memahami konsep-konsep tersebut dengan cara yang lebih konkret dan menyenangkan. Penelitian ini menerapkan metode studi literatur, yang melibatkan serangkaian langkah dimulai dari pengumpulan referensi, penelaahan teori, dan analisis terhadap objek yang sedang diselidiki. Referensi tersebut dicari melalui artikel atau laporan penelitian dalam jurnal. Sumber data diperoleh dari artikel atau jurnal yang relevan dengan fokus penelitian, khususnya tentang minat belajar matematika yang dipengaruhi oleh penggunaan media sosial, yang telah diterbitkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Peneliti mengumpulkan artikel atau jurnal ini melalui pencarian di Google Scholar dengan menggunakan kata kunci seperti minat belajar matematika, media sosial, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kota Geometri Board dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika secara signifikan, sambil membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Alat ini juga memiliki potensi sebagai sarana pembelajaran kolaboratif, di mana siswa dapat bekerja sama untuk membangun struktur kota yang kompleks dan memecahkan masalah matematika bersama-sama. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kerjasama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mohammad. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Andika Arisetyawan, Tarmizi Taher, and Irfan Fauzi. (2021). Integrating the Concept of Plane Figure and Baduy Local Wisdom as a Media Alternative of Mathematics Learning In Elementary Schools. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol 12, No 1 (2021).DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v12i1.

Barmby, Patrick, David Bolden, and Lynn Thompson. (2014). 53 Journal of Chemical Information and Modeling Understanding and Enriching Problem Solving in Primary Mathematics. Northwich: Critical Publishing Ltd.

Bartell, Tonya Gau, Corey Webel, Brian Bowen, and Nancy Dyson. (2013). Prospective Teacher Learning: Recognizing Evidence of Conceptual Understanding. Journal of Mathematics Teacher Education. Vol. 16(1), pp: 57–79.

Höft, Lars, and Sascha Bernholt. (2019). Longitudinal Couplings between Interest and Conceptual Understanding in Secondary School Chemistry: An Activity-Based Perspective.‖ International Journal of Science Education. Vol. 41(5), pp: 607–27.

Husni Sabil, dkk. (2021). Online Geoboard Media Improves Understanding of Two-dimensional Flat Shape Concepts in Elementary School Students. International Journal of Elementary Education Volume 5, Number 4, Tahun 2021, pp. 685-691.

Imam Kusmaryono, Dyana Wijayanti. (2023). Exsploration of Student’s Matehmatics Learning Experiences and Engagement Outside the Classroom. International Journal of Education 16(2) (2023) 75-84.

Karim, Asrul. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.‖ Jurnal Penelitian Pendidikan Edisi Khusus (1): 21–32.

Khotimah,S.H. dan Risan. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) Undiksha. Vol 3 No 1 (2019). https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108

Lisnani, Ilma, Somakim. (2013). Desain Pembelajaran Bangun Datar Menggunakan Fable “Dog Catches Cat” And Puzzle Tangram Di Kelas II SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol 4, No 1 (2013).DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v4i1.

Luna, Elle. (2015). The Crossroads of Should and Must: Find and Follow Your Passion. New York: Workman Publishing Company.

Naidoo, Navindhra. (2011). What Is Research? A Conceptual Understanding. African Journal of Emergency Medicine. Vol 1(1), pp: 47–48.

Sa’id, I.A., dkk. (2020). Development of mathematics learning tools with Realistic Mathematics Education-Jumping Task (RME-JT) and its effect on the mathematic communication skills. Journal of Physics: Conference Series 1839 (2021) 012018. IOP Publishing. doi:10.1088/1742-6596/1839/1/012018.

Santrock, John. (2011). Educational Psychology. 5th ed. New York: McGraw-Hill.

Tri Murdiyanto, Yudi Mahatma. (2021). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Vol 9, No 2 (2021) December 2021. DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i.

Zhang, Xiaofen, M. A.(Ken) Clements, and Nerida F. Ellerton. (2014). Conceptual Mis(Understandings) of Fractions: From Area Models to Multiple Embodiments. Mathematics Education Research Journal. Vol. 27(2), pp: 233–61.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Wardhani, A. K., Raharjo , T. J., Yulianto, A., & Widiarti, N. (2024). Studi Literatur: Pengembangan Kota Geometri Board sebagai Alat Peraga Pemahaman Konsep Matematika di Sekolah Dasar. Didactical Mathematics, 6(1), 80–87. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.7730

Issue

Section

Articles