Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Authors

  • Aulia Hanifah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6818

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023, pada salah satu SMP Negeri di Tambelang, Kabupaten Bekasi. Waktu yang dilaksanakan yaitu setelah melaukan ujian tengah semester. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII.2 di salah satu SMP Negeri Tambelang yang berjumlah 37 orang dan sampel dalam penelitian ini hanya diambil beberapa siswa kelas VIII.2. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu instrument tes yang berisi 5 soal essai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis berada pada kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis didapatkan skor maksimal sebesar 51 dengan rata-rata nilai sebesar 34. Namun dalam indikator menyatakan peristiwa sehari-hari ke dalam bahasa atau simbol matematika atau menyusun model matematika ke dalam suatu peristiwa masih banyak siswa yang belum mampu menyelsaikan soal-soal dalam indikator tersebut.

Keywords:

Komunikasi matematis , Matematika , Bangun ruang sisi datar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, Yayan, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, and Nizmah Maratos Soleha. 2019. “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia.” 1(1):66–72.

Anderha, Refiesta Ratu, and Sugama Maskar. 2020. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1(2):1–7. doi: 10.33365/ji-mr.v1i2.438.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Fatimah, Neneden, Nelly Fitriani, and Puji Nurfauziah. 2023. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Persamaan Garis Lurus.” Jurnal Pendidikan Tambusai 2(2022):1678–88. doi: 10.22460/jpmi.v6i3.15349.

Maryati, Iyam, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, and Ilham Tri Maulana. 2022. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Materi Aljabar Linier.” Prisma 11(1):210. doi: 10.35194/jp.v11i1.2044.

Miftah Nurul Annisa, Ade Wiliah. 2020. “Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/BintangPentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Das.” Jurnal Pendidikan Dan Sains 2(1):35–48.

Nugraha, Tonnie Hari, and Heni Pujiastuti. 2019. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender.” Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika 9(1):1–7. doi: 10.22437/edumatica.v9i1.5880.

Nugroho, Aditya Dwi, and Rafiq Zulkarnaen. 2021. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMP.” 06(02):81–98.

Nurfadilah, Siti, and Dori Lukman Hakim. 2019. “Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding Sesiomadika 2019 2(1):1214–23.

Nurpertiwi, Desi. 2020. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.”

Rasyid, Mohammad Ali. 2020. “Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan 5(1):77–86. doi: 10.51836/je.v5i1.116.

Rianti Rahmalia, Hajidin Hajidin, and BI. Ansari. 2020. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Model Problem Based Learning.” Numeracy 7(1):137–49. doi: 10.46244/numeracy.v7i1.1038.

Safitri, Dini Dwi, and Kiki Nia Sania Effendi. 2022. “Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” LEMMA: Letters Of Mathematics Education 8(2):99–114.

Sakiah, Nur Afifatus, and Kiki Nia Sania Effendi. 2021. “Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP.” JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika) 7(1):39–48. doi: 10.37058/jp3m.v7i1.2623.

Sutirna, Sutirna, Suntoko Suntoko, Yayah Nurasiah, Umar Mukhtar, and Beben Zuber Effendi. 2023. “A Guidance and Counseling on Learning Media Innovations For Middle School Teachers at the Telukjambe Karawang Commissariat.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7(1):62–67. doi: 10.31849/dinamisia.v7i1.12269.

Yulianti, Yunita Eka Purnama, and Wahyu Hidayat. 2021. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Soal-Soal Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.” Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Soal-Soal Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel 4(1):73–80. doi: 10.22460/jpmi.v4i1.73-80.

Downloads

Abstract Views : 118
Downloads Count: 73

Published

2023-10-14

How to Cite

Aulia Hanifah, & Sutirna, S. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Didactical Mathematics, 5(2), 539–549. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6818