Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Climber dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6678Abstrak
Dalam pembelajaran matematika, siswa akan mengolah semua informasi melalui proses berpikir. Kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi salah satu tolak ukur tercapainya tujuan pembelajaran. Bentuk dari berpikir tingkat tinggi salah satunya adalah berpikir reflektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa climber dalam menyelesaikan soal literasi numerasi Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 6 Purworejo dengan tipe AQ climber. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa climber telah mampu berpikir reflektif. Hal tersebut ditunjukkan oleh indikator kemampuan berpikir reflektif yaitu fase reacting, fase comparing, dan fase contemplating.
Kata Kunci:
Pembelajaran, Reflektif, ClimberUnduhan
Referensi
Ariestyan, Y., Sunardi., & Kurniati, D. 2016. Proses Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Kadikma, 7(1), 94-104. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472-483. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1041
Azhil, I. M., Ernawati, A., & Lutfianto, M. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. 2(1), 60–68.
Faradila, L., Wibowo, T., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis pada siswa dengan gaya belajar visual-kinestetik. Analisis Kemampuan Berfikir Reflektif Matematis Dengan Gaya Belajar Visual Kinestik, 7(2), 122.
Fuady, A. (2017). Berfikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 1(2), 104-112. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1236
Happy, N., Faiqotun Alfin, Z., & Handayanto, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dengan Gaya Kognitiff Reflektif Pada Materi Segiempat Berdasarkan Newman’S Error Analysis (Nea). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 129. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.129-140
Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar [analysis of students’ reflective Mathematical thinking abilities judged from learning styles]. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69–82. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/256/165
Kemendikbud. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2017. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nindiasari, H. (2011). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIFA Universitas Negeri Yogyakarta., 251–263. https://eprints.uny.ac.id/7378/
Pangesti, F. T. P. 2018. Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org
Ratnasati, Y., & Nurhidayah, D. A. (2020). Analisis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaiakan Masalah Matematika. Edupedia, 4(2), 162-171.
Stoltz, P. G. 2007. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sudarman. (2012). AQ, Pembangkit motivasi siswa dalam belajar matematika. Ilmiah Pendidikan, 11(2), 36–40.
Sugiyono. 2017. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.