Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Climber dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi SMP

Authors

  • Melliana Kurniawati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Wharyanti Ika Purwaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Dita Yuzianah Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6678

Keywords:

Pembelajaran, Reflektif, Climber

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, siswa akan mengolah semua informasi melalui proses berpikir. Kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi salah satu tolak ukur tercapainya tujuan pembelajaran. Bentuk dari berpikir tingkat tinggi salah satunya adalah berpikir reflektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa climber dalam menyelesaikan soal literasi numerasi Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik  purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri  6 Purworejo dengan tipe AQ climber. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa climber telah mampu berpikir reflektif. Hal tersebut ditunjukkan oleh indikator kemampuan berpikir reflektif yaitu fase reacting, fase comparing, dan fase contemplating.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariestyan, Y., Sunardi., & Kurniati, D. 2016. Proses Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Kadikma, 7(1), 94-104. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472-483. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1041

Azhil, I. M., Ernawati, A., & Lutfianto, M. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. 2(1), 60–68.

Faradila, L., Wibowo, T., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis pada siswa dengan gaya belajar visual-kinestetik. Analisis Kemampuan Berfikir Reflektif Matematis Dengan Gaya Belajar Visual Kinestik, 7(2), 122.

Fuady, A. (2017). Berfikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 1(2), 104-112. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1236

Happy, N., Faiqotun Alfin, Z., & Handayanto, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dengan Gaya Kognitiff Reflektif Pada Materi Segiempat Berdasarkan Newman’S Error Analysis (Nea). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 129. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.129-140

Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar [analysis of students’ reflective Mathematical thinking abilities judged from learning styles]. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69–82. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/256/165

Kemendikbud. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2017. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nindiasari, H. (2011). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIFA Universitas Negeri Yogyakarta., 251–263. https://eprints.uny.ac.id/7378/

Pangesti, F. T. P. 2018. Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org

Ratnasati, Y., & Nurhidayah, D. A. (2020). Analisis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaiakan Masalah Matematika. Edupedia, 4(2), 162-171.

Stoltz, P. G. 2007. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sudarman. (2012). AQ, Pembangkit motivasi siswa dalam belajar matematika. Ilmiah Pendidikan, 11(2), 36–40.

Sugiyono. 2017. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Kurniawati, M., Purwaningsih, W. I., & Yuzianah, D. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Climber dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi SMP. Didactical Mathematics, 5(2), 597–603. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6678