Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Matematis Siswa Kelas X

Authors

  • Sekar Kinanthi Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Erni Puji Astuti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Riawan Yudi Purwoko Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6651

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika dan mengetahui peningkatan kreativitas matematis siswa melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, observasi, dan tes. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa observasi kreativitas matematis siswa selama pembelajaran matematika berlangsung pada siklus I mencapai persentase sebesar 74,08%. Sedangkan, pada siklus II mencapai 82,72% dengan kategori baik sehingga pada siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 8,64%. Selanjutnya, hasil tes kreativitas matematis pada akhir siklus I mencapai persentase sebesar 75,52% dengan kategori cukup. Setelah adanya perbaikan, diperoleh hasil tes akhir siklus II yang telah memenuhi indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang mencapai persentase sebesar 82,47% dengan kategori baik dan terjadi peningkatan sebesar 6,95%. Maka, berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas matematis siswa kelas X.

Keywords:

kreativitas matematis, berdiferensiasi, Problem Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 54–64. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13596

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Astria, R. T., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112-119. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2647

Fiana, R. O., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 157–162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108

Haryadi, R., & Oktaviana, D. (2021). Kemampuan Penalaran Adaptif dalam Menyelesaikan Soal Logika Matematika Berdasarkan Kreativitas Belajar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak,10(2), 491–503. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3372

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Liberna, H., Nurfitriyanti, M., & Agustini, S. (2022). Kemandirian dan Kreativitas Belajar serta Pengaruhnya dalam Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 7(2).

Mannan, N. H., Alhaddad, I., & Hamid, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Bulat. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 63–64. https://doi.org/10.33387/dpi.v7i2.1251

Marlina. 2019. Buku Panduan Penggunaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Padang: LP2M Universitas Negeri Padang.

Marlina. 2020. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: CV Afifa Utama.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nafisah, J., Nuroso, H., Rasiman, & Suwarto, A. (2023). Analisis Penerapan Gaya Belajar dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Peserta Didik Kelas III SDN Pedurungan Lor 02 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 4749-4755.

Padliah, M., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kreativitas Dan Gaya Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 143. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1003

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. 2021. Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Diferentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbudristek.

Sari, S. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Serambi Ilmu: Journal of Scientific Information and Educational Creativity, 21(2), 171-314.

Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 4(2), 492-498.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa. 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Warti, D., Yunita, A., & Delyana, H. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA pada Materi Program Linear. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika. 4(2), 1-10.

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Wulandari, D. A., & Afifah, D. S. N. (2019). Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 57. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.770

Wulandari, D. S., & Rusmana, I. M. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.18

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Downloads

Abstract Views : 1260
Downloads Count: 574

Published

2023-10-14

How to Cite

Kinanthi, S., Astuti , E. P., & Purwoko , R. Y. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Matematis Siswa Kelas X. Didactical Mathematics, 5(2), 515–524. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6651