Studi Kasus Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Authors

  • Anita Anggriyani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rafiq Zulkarnaen Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6595

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dengan tujuan untuk mengkaji kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMK Negeri di salah satu Kabupaten Karawang tahun ajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak dua soal serta hasil jawaban peserta didik diperkuat lagi melalui wawancara dengan subjek penelitian. Selanjutnya, data diolah, dianalisis dan dikaji berdasarkan nilai yang diperoleh peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan nilai rata-rata 60%, yang menyimpulkan bahwa peserta didik kelas X di salah satu SMK Negeri di Kabupaten Karawang masih terolong sedang. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena peserta didik kurang mampu dalam memahami permasalahan yang diberikan serta kesulitan dalam mengidentifikasikan soal.

Keywords:

Memahami masalah;, Merencanakan penyelesaian; , Menyelesaikan rencana penyelesaian; , Memeriksa kembali jawaban

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustami, Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika.

Astutiani, R., Isnarto., & Hidayah, I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prociding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Azizah, Azizah, Maimunah, & Roza, Y. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Berdasarkan Self-Regulated Learning (S-RL). Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 23-31.

Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Improve student mathematical reasoning ability with open-ended approach using VBA for powerpoint. In AIP Conference Proceedings.

Endah, D. R., Kusumawati, N., & Andinasari. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Melalui Logan Avenue Poblem Solvibg-Heuristic. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika.

Islamiah, N. A., Andhini, D. L., & Listyani, N. H. (2022). Representasi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Program Linier ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika.

Juniarti, A. C., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Prosiding Sesiomaditika Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 400-404.

Kaharuddin. (2021). Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan.

Nurapipah, S., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Berpikir Krisis Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 742-748.

Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 71-82.

Utami, W. R. & Wutsqa, U. N. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-eficacy Siswa di SMPN di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Prameswari, A. A., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Penalaran Statistika Siswa Kelas IX pada Materi Statistika. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.

Pratiwi, R., & Hidayati, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMK Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Educatio, 256-263.

Shintano, D., Kartini, N. H., & Setyawan, D. (2022). Analisis Standar Proses Pada Pembelajaran Matematika di Kelas III SDN 4 Pahandut . Jurnal Anterior.

Shodiqin, Ali., Sukestiyarno., Wardono., Isnarto., & Utomo, P. W. (2020). Profil Pemecahan Masalah Menurut Krulik dan Rudnick Ditinjau dari Kemampuan Walfarm Mathematica. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications. Sage Publications.

Downloads

Abstract Views : 396
Downloads Count: 166

Published

2023-10-14

How to Cite

Anita Anggriyani, & Zulkarnaen, R. (2023). Studi Kasus Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel . Didactical Mathematics, 5(2), 494–501. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6595