Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Siti Husnul Hotimah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mokhammad Ridwan Yudhanegara Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6588

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yakni dengan melakukan uji statistik deskriptif, uji prasyarat, analisis regresi sederhana, analisis determinasi, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan program perangkat lunak SPSS 16.0 untuk memastikan pengaruh yang diberikan oleh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Menurut hasil analisis verifikatif, didapat bahwa adanya pengaruh positif antara minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik sebesar 13,4%. Untuk nilai t hitung 2,339 > 2,048 (t tabel), dan nilai signifikansi pengaruh antara minat belajar peserta didik (X) dengan hasil belajar matematika (Y) adalah 0,027 < 0,05. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa minat belajar peserta didik berpengaruh pada hasil belajar matematika peserta didik.

Keywords:

Learning Interest, Learning Outcomes, Mathematics

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadillah Ahmad (2016) Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 1(2) 113-122.

Fauhah, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9(2). 321-334.

Hanafy, Muh Sain (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran: Lentera Pendidikan Vol. 17 No. 1

Ismadi, J (2012). Belajar Matematika Kini Menjadi Mudah : Jakarta. Multi Kreasi Satudelapan

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional : Jakarta. BP Pasca Usaha

Sanjaya, W. (2015). Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) : Jakarta. Kencana

Ulya, Faiqotul Irawati, Riana Maulana (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual : Jurnal Pena Ilmiah Vol. 1 No. 1

Trisnowali, Andi (2017) Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, dan Sikap Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. Mapan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran 5(2),259-278.

Downloads

Abstract Views : 138
Downloads Count: 82

Published

2023-09-03

How to Cite

Hotimah, S. H., & Yudhanegara, M. R. (2023). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Didactical Mathematics, 5(2), 432–439. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6588