Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika

Penulis

  • Siti Husnul Hotimah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mokhammad Ridwan Yudhanegara Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6588

Abstrak

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yakni dengan melakukan uji statistik deskriptif, uji prasyarat, analisis regresi sederhana, analisis determinasi, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan program perangkat lunak SPSS 16.0 untuk memastikan pengaruh yang diberikan oleh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Menurut hasil analisis verifikatif, didapat bahwa adanya pengaruh positif antara minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik sebesar 13,4%. Untuk nilai t hitung 2,339 > 2,048 (t tabel), dan nilai signifikansi pengaruh antara minat belajar peserta didik (X) dengan hasil belajar matematika (Y) adalah 0,027 < 0,05. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa minat belajar peserta didik berpengaruh pada hasil belajar matematika peserta didik.

Kata Kunci:

Learning Interest, Learning Outcomes, Mathematics

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fadillah Ahmad (2016) Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 1(2) 113-122.

Fauhah, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9(2). 321-334.

Hanafy, Muh Sain (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran: Lentera Pendidikan Vol. 17 No. 1

Ismadi, J (2012). Belajar Matematika Kini Menjadi Mudah : Jakarta. Multi Kreasi Satudelapan

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional : Jakarta. BP Pasca Usaha

Sanjaya, W. (2015). Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) : Jakarta. Kencana

Ulya, Faiqotul Irawati, Riana Maulana (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual : Jurnal Pena Ilmiah Vol. 1 No. 1

Trisnowali, Andi (2017) Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, dan Sikap Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. Mapan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran 5(2),259-278.

Unduhan

Abstract Views : 254
Downloads Count: 171

Diterbitkan

2023-09-03

Cara Mengutip

Hotimah, S. H., & Yudhanegara, M. R. (2023). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Didactical Mathematics, 5(2), 432–439. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6588

Terbitan

Bagian

Articles