Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6588Abstrak
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yakni dengan melakukan uji statistik deskriptif, uji prasyarat, analisis regresi sederhana, analisis determinasi, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan program perangkat lunak SPSS 16.0 untuk memastikan pengaruh yang diberikan oleh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Menurut hasil analisis verifikatif, didapat bahwa adanya pengaruh positif antara minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik sebesar 13,4%. Untuk nilai t hitung 2,339 > 2,048 (t tabel), dan nilai signifikansi pengaruh antara minat belajar peserta didik (X) dengan hasil belajar matematika (Y) adalah 0,027 < 0,05. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa minat belajar peserta didik berpengaruh pada hasil belajar matematika peserta didik.
Kata Kunci:
Learning Interest, Learning Outcomes, MathematicsUnduhan
Referensi
Fadillah Ahmad (2016) Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 1(2) 113-122.
Fauhah, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9(2). 321-334.
Hanafy, Muh Sain (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran: Lentera Pendidikan Vol. 17 No. 1
Ismadi, J (2012). Belajar Matematika Kini Menjadi Mudah : Jakarta. Multi Kreasi Satudelapan
Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional : Jakarta. BP Pasca Usaha
Sanjaya, W. (2015). Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) : Jakarta. Kencana
Ulya, Faiqotul Irawati, Riana Maulana (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual : Jurnal Pena Ilmiah Vol. 1 No. 1
Trisnowali, Andi (2017) Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, dan Sikap Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. Mapan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran 5(2),259-278.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.