Pengaruh Media Pembelajaran Realia Melalui Alat Peraga Tiruan Terhadap Peningkatan Kecerdasan Logis Siswa pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6482Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaraan realia terhadap kecerdasan logis matematika siswa pada materi pengukuran sudut. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini kelas IV SDIT Faidurrahman yang terdiri dari 16 siswa kelas eksperimen dan 16 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampelnya dilakukan secara acak. Adapun analisis data menggunakan uji Independent T test dikarenakan data tersebut normal dan homogen. Hasil penelitian yang ditunjukkan oleh uji Independent T test yaitu sig. (2-tailed) = 0,000 yang dapat diartikan terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya media pembelajaran realia melalui alat peraga tiruan matematika terhadap peningkatan kecerdasan logis matematis siswa kelas IV. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran realia sangat berpengaruh untuk meningkatkan kecerdasaaan logis matematis siswa kelas IV di SDIT Faidhurrahman. Sehingga media pembelajaran realia dapat digunakan di dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Kata Kunci:
Realia Learning Media; Mathematical Logical Intelligence;Unduhan
Referensi
Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13.
Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617.
Alma Eka Rakhmawati, Muhamad Rizki Mubarok, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Analisis Kecerdasan Majemuk Pada Buku Ajar Siswa Kelas Iii Kurikulum 2013. Jurnal Riset Sosial Humaniora, Dan Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i1.68
Dinaa, S. R., Nafiah, M., & Siregara, R. (2022). Analisis penggunaan media realia terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik kelas tinggi di sekolah dasar. Educational Technology Journal, 2(1), 1–9.
Fahri, M. U. (2020). Media Pembelajaran Realia. Journal Article, November, 1–3.
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Ibad, T. N., & Sarifah, M. (2021). Penggunaan Media Realia dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Siswa. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 232. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i2.1303
Inova Istirohah, Arum Ratnaningsih, & Titi Anjarini. (2022). Hubungan Suasana Lingkungan Belajar dengan Kecerdasan Matematis Logis Siswa Kelas V SD N 1 Tersobo. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 9–14. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1447
Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, dan Kecerdasan Logis Matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 69–73. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10185
Jariatun. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil BElajar Matematika di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi, 4(1), 88–100.
Karmila. (2016). Penggunaan Media Tangram Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. 1(1), 1–13.
Khiyarusoleh, U. (2018). Kecerdasan Logika-Matematika Di Lihat Dari Kecerdasan Majemuk Siswa Sma Di Brebes Selatan. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 240–246. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.270
Lestariningrum, A., & Handini, M. C. (2017). Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Permainan Tradisional. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 215–225. https://doi.org/10.21009/jpud.112.02
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Mujiati, T. (2022). Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas IIIA SDN Kertajaya IV/210 Surabaya. Jurnal Simki Pedagogia, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i1.96
Permana, A., & Rusmana, I. M. (2022). Kecerdasan Logika Matematika, Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Inovatif. Journal of Academia Perspectives, 2(2), 80–87. https://doi.org/10.30998/jap.v2i2.1012
Putri, A. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 793–801.
Sugiharti. (2018). Penggunaan Media Realia (Nyata) Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Mengenal Lambang Bilangan Pada Siswa Kelas I SDN 02 Kartoharjo Kota Madiun. Jurnal Edukasi Gemilang, 3(1), 7–14. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/89
Trisnawati, D. F., & Kamsiyati, S. S. (2019). Efektivitas media realia dan blok pecahan terhadap kemampuan berhitung materi pecahan peserta didik sekolah dasar [The effectiveness of realia media and fraction blocks on the ability to count fractional materials in elementary school students]. Jurnal Pendidikan Dasar/Journal of Basic Education, 7(1), 46–50.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.