Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Garis dan Sudut

Authors

  • Ayu Mira Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6457

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan tujuan untuk menyelidiki, menganalisis, dan mendeskripsikan bagaimana anak-anak kelas VII mampu memahami konsep matematika yang berkaitan dengan garis dan sudut. Subjek penelitian ini adalah 3 dari 37 siswa kelas VII dari salah satu SMP di Kabupaten Karawang tahun ajaran 2022/2023 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen nya berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis berupa essai yang soalnya mengenai materi garis dan sudut serta hasil jawaban siswa diperkuat lagi melalui wawancara dengan subjek penelitian. Kemudian, data diolah dan dianalisis berdasarkan nilai yang siswa peroleh. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 10,70%, yang menggambarkan bahwa siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang masih tergolong sedang. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, oleh karena itu kemampuan pemhaman konsep matematis sangat penting dalam proses pembelajaran.

Keywords:

pemahaman konsep, Materi Garis dan Sudut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bintang, R. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP pada Materi Segiempat. Skripsi Strata 1 pada FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang: Tidak diterbitkan.

Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar Segiempat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2008, 120–128.

Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2).

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229.

Junitasari, & Hayati, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahamn Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Kubus dan Balok. Mathematics Edukation Jurnal, Vol. 2, No. 1, 18-24.

Kasmita, Mutia. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/Mts pada Materi Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Jenis Kelamin. Skripsi Strata 1 pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suraji, dkk, (2018). “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV”. Suska Journal of Mathematics Education: Vol. 04 No. 01.

Wahyuni. (2022). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Garis dan Sudut Gaya Kognitif Field Independent Siswa Kelas VII SMPN 5 Pallangga. Diperoleh dari https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/33259-Full_Text.pdf

Wulandari, Y. S., & Munandar, D. R. (2019). Identifikasi Kemampuan Pemahaman Konsep terhadap Gaya Kognitif Siswa SMP dengan Materi Kubus dan Balok. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Downloads

Abstract Views : 200
Downloads Count: 132

Published

2023-09-03

How to Cite

Mira, A., & Munandar, D. R. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Garis dan Sudut. Didactical Mathematics, 5(2), 422–431. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6457