Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6409Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar kelas Vlll SMP Negeri 15 Tanjungpinang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 6 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 15 tanjungpinang. Masing-masing dengan kategori kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dengan tes dan wawancara. Dari hasil penelitian tentang kemampuan penalaran matematis siswa menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu memperkirakan proses penyelesaian, menganalisa situasi atau proses matematika, menyusun argumen yang valid, dan menarik kesimpulan yang logis. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis sedang tidak memenuhi indikator pada menarik kesimpulan yang logis, sedangkan pada siswa yang memliki kemampuan penalaran matematis rendah hanya mampu memenuhi indikator memperkirakan proses penyelesaian.
Kata Kunci:
Kemampuan Penalaran Matematis;, Masalah Kontekstual;, Bangun Ruang Sisi DatarUnduhan
Referensi
Adiyanti, C. A., & Noor, A. I. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Materi Persamaan Garis Lurus. Pros. Semin. Nas. Mat. Dan Pendidik. Mat. Sesiomadika, 2(2011), 560–566.
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107.
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.
Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif. Ramaja Rosdakarya.
Mugianto, F., & Prihatiningtyas, N. C. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa pada Materi Operasi Hitung Pecahan. 4(2), 76–83.
National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for school Mathematics. USA: NCTM.
Ramdan, M. G. A. R., & Lessa Roesdiana. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 386–395.
Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111–128.
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Persepsi Mahasiswa Tentang Peran Tutor pada Kegiatan Problem Based Learning (PBL) Di Psik Fk Unlam. Dunia Keperawatan, 1(2), 34–42.
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.