Pengaruh Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6365Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir reflektif matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas untuk kemudian data diolah dengan bantuan aplikasi SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada taraf kepercayaan 95%, cukup bukti untuk menyatakan terdapat hubungan linier yang signifikan antara kemampuan berpikir reflektif matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir reflektif matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dengan besar pengaruh kemampuan berpikir reflektif matematis terhadap variabilitas dalam kemampuan berpikir kreatif matematis sebesar 94,4%, sedangkan 5,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci:
Berpikir, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif MatematisUnduhan
Referensi
Adha, S., & Rahaju, E. (2020). Profil Berpikir Kreatif Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 61-67.
Andini. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Open Ended Problem Tema Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif.
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.
Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 58-64.
Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal Of Mathematics Education, 3(2), 128-138.
Ruqqoyah, S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika dengan VBA Micrisift Excel. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.
Suhaji, I. (2020). Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Zeta - Math Journal, 5(1), 8-15.
Syadid, A., & Sutiarso, S. (2022). Hubungan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 10(1), 14-24.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.