Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Gender
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6290Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, gender, dan interaksinya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Pratama Mulya Karawang yakni sebanyak 140 siswa, sedangkan sampel berjumlah 60 siswa terdiri atas 30 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan yang dipilih berdasarkan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 2) Terdapat pengaruh gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; dan 3) Tidak terdapat interaksi antara faktor motivasi belajar dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata Kunci:
Mathematical Problem Solving Skills; Learning Motivation; GenderUnduhan
Referensi
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.
Badriyah, D. & Sopiany, H. N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Berdasarkan Tingkat Self Confidence. Jurnal Didactical Mathematics. 5(1). 107-116.
Bernard dkk. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.
Hafidz, Kusumaningsih, & Aini. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Deari Motivasi Belajar Siswa Bertdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 373-380.
Hudojo, Herman. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UNM.
Hayani, Surma. (2021). Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Online Dan Kaitannya Dengan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar Negeri 111 Pekanbaru. Thesis S2 Pendidikan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Melisa. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Gender. Skripsi S1 Pendidikan. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
Novianti & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Edumatsains, 6(2), 377-388.
Polya, George. (1973). How To Solve It. Princeton: Princeon University Press.
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.
Satriyani. (2013). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi S1 Pendidikan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Septiyan, I. & Pujiastuti, H. (2019). Motivasi Belajar Matematika Siswa Pondok Pesantren Modern Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Analisa, 5(1), 51-58.
Shodiq, Fajar. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: Diknas PPPG Matematika.
Uno, Hamzah B. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.