Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Polya Pada Saat Pembelajaran Daring

Authors

  • Nur Aulia Fitri Utami Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6289

Keywords:

Soal Cerita;, Tahapan Polya;, Pembelajaran Daring

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa pada saat pembelajaran daring dalam menyelesaikan soal-soal cerita berdasarkan tahapan polya khususnya pada materi himpunan. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 38 Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2021/2022. Instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan hampir seluruh siswa masih mengalami kesulitan dan belum memahami bagaimana cara mengerjakan dan menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan polya dengan benar. Hal ini dapat dilihat dalam persentase kategori nilai siswa, yaitu siswa dengan kategori tinggi memperoleh persentase sebesar 5,26%, siswa dengan kategori sedang memperoleh persentase sebesar 78,95% dan siswa dengan kategori rendah memperoleh persentase sebesar 15,79%. Walaupun demikian, untuk kategori tinggi dan sedang pun masih tergolong dalam kategori rendah dikarenakan rata-rata dari mereka hanya bisa menyelesaikan soal sampai pada tahap memahami masalah saja, dan masih cukup jauh dari kriteria minimum yang ditentukan oleh sekolah. Demikian dapat disimpulkan bahwa para siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita khususnya berdasarkan tahapan polya pada saat pembelajaran daring.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Ayu, S., Rukayah., Rachman, S. A. (2021). Persepsi Guru Kelas Terhadap Pembelajaran Daring di SD Negeri 100 Melle. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 1 (2), 173-181. https://ojs.unm.ac.id/jppsd/article/view/24004

Azis. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika FKIP Unidayan, 5(1), 64–72.

Doko, M. G. D., Sumadji, S., & Farida, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Tahapan Polya Materi Segiempat. Rainstek : Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 2 (3), 228-235. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i3.3563

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Journal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 315–322.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 315-322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Fauzy, A. Nurfauziah, P. (2020). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1), 551-561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(Juli), 15–23. https://www.jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/36/24

Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahiang tentang Bangun Datar Ditinjau dari Teori Van Hiele. Retrieved from http://repository.unib.ac.id/8426/2/I,II,III,2-13-her.FI.pdf

Lidinillah, D. A. M. (2011). Heuristik dalam pemecahan masalah matematika dan pembelajarannya di sekolah dasar. Jurnal Elektronik Universitas Pendidikan Indonesia.

Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Pada Materi Teorema Phytagoras.

NCTM. (2000). Priciples and Standards for School Mathematics. Library of Congress.

Nurhayati, & Zanthy, L. S. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa MTs pada materi pola bilangan. 01(02), 23–36.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 82–90.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian (Syahrani, Ed.). Banjarmasin, Kalimantan Selatan: Antasari Press.

Sari, N. M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Metode Eksplorasi. Alphamath: Journal of Mathematics Education, 1(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Musharafa, 5(2). Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/139

Wati, M. K., Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas VII SMP. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 6 (1), 9-16. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/24

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Utami, N. A. F., & Marlina, R. (2023). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Polya Pada Saat Pembelajaran Daring. Didactical Mathematics, 5(2), 591–596. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6289