Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal PISA Berdasarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6279Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana kekeliruan yang dialami siswa dalam usaha mencari solusi suatu permasalahan PISA seperti letak, jenis dan penyebabnya yang ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Bekasi dengan pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah memberikan tes berupa tiga soal PISA Matematika 2009 yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Teknis analisis data pada penelitian ini adalah melakukan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 22,2. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tergolong pada kategori tinggi memenuhi seluruh indikator pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tergolong pada kategori sedang memenuhi tahap memahami masalah, menyusun rencana dan melaksanakan rencana. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tergolong pada kategori rendah hanya memenuhi dua dari empat tahap menyusun rencana dan melaksanakan rencana.
Keywords:
Mathematical Problem Solving, PISADownloads
References
Agustina, P., & Imami, A. I. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Ix Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Berdasarkan Langkah Polya. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 7(1), 39-50. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i1.3852
Apriliyanto, B. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah turunan fungsi aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 117-125. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.300
Astutiani, R. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 297-303). Diambil dari https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/294
Fazzilah, E., & Effendi, K. N. S. (2020). Strategi Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Pada Soal PISA Like. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2542
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i01.3874
Hasibuan, A. C. U., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Tahapan Polya. Didactical Mathematics, 4(1), 156-162. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2014
Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59-67. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120
Juliana, J., Ekawati, D., & Basir, F. (2017). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.666
OECD. (2009). PISA 2009 Assessment Framework. Key competencies in reading, mathematics and science. http://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2009-assessment-framework_9789264062658-en
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy.
Putri, D., & Warmi, A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA matematika pada konten bilangan. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 15(1), 138-152. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i1.14102
Lelboy, N. E., Nahak, S., & Simarmata, J. E. (2021). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(1), 10-20. https://doi.org/10.30743/mes.v7i1.4347
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed). SAGE Publications, Inc.
Ramadhan, A., Anwar, S., & Falak, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 323-330. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p
Sitorus, Y. I., & Sutirna, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Sma Dalam Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Program Linier. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/627
Setiawan, E., Muhammad, G. M., & Soeleman, M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 61-72.Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx
Wati, E. H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA pada konten change and relationship. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), 199–209.
Yuristia, N., & Musdi, E. (2020, May). Analysis of early mathematical problem-solving ability in mathematics learning for Junior High School student. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1554, No. 1, p. 012026). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012026
Zahra'Ashri, H., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Transformasi Geometri Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 22-31. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3191
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.