Kemampuan Representasi Matematika Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa

Authors

  • Adelia Prihartini Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanifah Nurus Sopiany Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6255

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-efficacy siswa SMP berdasarkan kemampuan representasi. Kemampuan representasi matematika penting dimiliki oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan terdiri dari observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan representasi matematika siswa dengan memperhatikan self-efficacy yang dimiliki. Hasil penelitian yaitu siswa yang memenuhi semua (tiga) dimensi seorang siswa; Seorang siswa memenuhi dua dimensi dengan deskripsi yang dimensi strength dan dimensi generality sebanyak satu siswa; dan yang memenuhi dimensi Strength dan dimensi level sebanyak satu siswa. Kemampuan representasi matematis pada siswa yang memenuhi ketiga dimensi self-efficacy belum mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan representasi matematis. Indikator yang tidak sesuai, yaitu. Indikator yang membuat model matematis dari permasalahan yang diberikan dan menyajikan kembali data atau informasi representasi ke representasi diagram, grafik, atau tabel. Siswa yang memenuhi dua dimensi self-efficacy hanya dapat mencapai satu indikator kemampuan matematis, yaitu menggunakan diagram sebagai fasilitas solusinya.

Keywords:

Representation;, Junior High School Student, Self-Efficacy

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221-232.

Bandura, A. (1997). Self efficacy: the exercise of control. New York: W.H Freeman and Company.

Damayanti, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan kemampuan representasi matematis siswa antara contextual teaching and learning dan problem based learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 30-39.

Fennell, F ., & Rowan, T. (2020). Representtion: An Important Process for Teaching and Learning Mathematics. Teaching Children Mathematics, 7(5), 288-292.

Fuad, A. (2017). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran Vak (Visual, Auditorik, Kinestetik) Dan Model Pembelajaran Ttw (Think, Talk, Write) Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sinjai Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Goldin, G. A. (2020). Mathematical representation. Encyclopedia of mathematics education, 566-572.

Goldin, G. A., & Kaput, J.J. (1996). A Joint Perspective on The Idea Of Representation in Learning and Doing Mathematics. Routledge.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama, 7.

Hidayat, W. (2014). The Implementation of MEAs Instruction to Students’ Mathematics Problem Solving and Connecting Ability. In Proceeding of International Conference On Research, Implementation, And Education Of Mathematics And Sciences (pp. 18-20).

NELI, R. D. P. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Bantuan Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas Vii Mtss Balimbing.

Nurmalasari, R. (2019, November). Kemampuan Representasi Matematik ditinjau dari Self-Efficacy Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE). In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Putri, F. A. R., & Fakhruddiana, F. (2018). Self-efficacy guru kelas dalam membimbing siswa slow learner. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(1), 1-8.

Rahlan, I., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa Melalui CTL dan SAVI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 493-504.

Saputri, L., & Sari, D. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Berbantuan Wingeom Pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Di Stkip Budidaya Binjai. Paradikma, 10(2), 181–192.

Saputri, M. D., & Masduki. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP NEGERI 2 BAKI Mentari. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017, 2(5), 1–8.

Setyawati, R. D. (2020). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Efficacy. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 220-235.

Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483- 492.

Downloads

Abstract Views : 122
Downloads Count: 96

Published

2023-09-06

How to Cite

Prihartini, A., & Sopiany, H. N. (2023). Kemampuan Representasi Matematika Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Didactical Mathematics, 5(2), 451–460. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6255