Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Van Hiele

Authors

  • Ayulia Khaerunnisa Universitas SIngaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6193

Abstract

Memahami proses berpikir dalam matematika merupakan hal yang penting agar pembelajaran matematika di sekolah dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa sehingga kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam belajar dapat segera diatasi secara bertahap. Teori Van Hiele membantu untuk memahami level berpikir geometri yang dicapai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori Van Hiele. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling. Subjek yang diteliti yaitu 37 siswa kelas XII tahun ajaran 2022/2023 di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Penentuan subjek menggunakan Purposive Sampling dengan syarat subjek merupakan siswa SMA yang telah mempelajari materi Dimensi Tiga. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 16% siswa berada pada level 0 (visualisasi), 43% siswa pada level 1 (analisis), 30% siswa pada level 2 (deduksi informal), 11% siswa pada level 3 (deduksi formal), dan tidak satupun siswa yang berhasil mencapai level 4 (rigor). Semakin tinggi level kemampuan berpikir geometri siswa maka semakin baik siswa menyelesaikan soal cerita matematika.

Keywords:

Proses berpikir siswa, teori Van Hiele, Kemampuan berpikir geometri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Analisis tingkat berpikir mahasiswa berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(1), 1–6.

Amalliyah, N., Dewi, N. R., & Dwijanto, D. (2021). Tahap Berpikir Geometri Siswa SMA Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Perbedaan Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 352. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4550

Anwar, A. (2020). Identifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 3(2), 85–92. https://doi.org/10.31539/judika.v3i2.1616

Ayuningrum, D. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. KREANO, 8(1), 27–34. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.6851

Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. JKPM, 5(1), 135–142. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Demircioğlu, H., & Hatip, K. (2023). Examining 8th Grade Students’ Van Hiele Geometry Thinking Levels, Their Proof Writing and Justification Skills. International Journal of Curriculum and Instruction, 15(1), 294–308. https://orcid.org/0000-0001-7037-6140

Giovanni, L. D. alfa, Susanto, S., & Yudianto, E. (2022). Analisis Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Segiempat Berdasarkan Level van Hiele. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 84. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.24829

Hoffer, A. (1981). Geometry is More Than Proof. The Mathematics Teacher, 74(1), 11–18. https://doi.org/10.5951/MT.74.1.0011

Indah, A. (2019). Analisis Berpikir Siswa SMK Jurusan Teknik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dalam Memecahkan Masalah Dimensi Tiga Berdasarkan Van Hiele [Skripsi]. Universitas Jember.

Kriswandari, R., Wulan, D. R., & Novianti, S. E. (2020). Analisis Kemampuan Geometri Siswa SMK Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Teori Berpikir Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika , 2.

Lestariyani, S. (2013). Identifikasi Tahap Berpikir Geometri Siswa SMP Negeri 2 Ambarawa Berdasarkan Teori Van Hiele. Universitas Kristen Satya Wacana.

Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. Fibonacci, 1(2), 80–94.

Pertiwi, E. V. J. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Kelas VIII SMP Pengudi Luhur Moyudan dalam Menyelesaikan SoalSoal Materi Garis-Garis pada Segitiga Menurut Teori Van Hiele [Skripsi]. Universitas Sanata Dharma.

Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech dan Bisnis. 10(12).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Qualitative Research Approach. Deepublish.

Sahara, R. I. A., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 911–920. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.911-920

Sari, R. M. M., & Roesdiana, L. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa SMA pada pembelajaran geometri. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 209–214. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4253

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317

Sirait, N., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2017). Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Spltv Di Sma. JPPK : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(11).

Sugiyarti, S., & Ruslau, M. F. V. (2019). Meningkatkan Tingkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Fase Belajar Model Van Hiele Menggunakan Media Bangun Ruang Dimensi Tiga. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35724/magistra.v6i1.1155

Suherman, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometri Van Hiele Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Exampel Non Examples. Jurnal Analisa, 2(4), 69–80.

Syahruda, Bistari, & Halidjah, S. (2022). Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. JPPK : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(3).

Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry : CDASSG Project.

Utami, R. A. (2020). Analisis Kesalahan SIswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang. MATHEdunesa, 9(3), 487–494.

Wulandari, T. A., & Ishartono, N. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 97–110. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5330

Downloads

Abstract Views : 138
Downloads Count: 86

Published

2023-09-03

How to Cite

Khaerunnisa, A., & Adirakasiwi , A. G. (2023). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Van Hiele. Didactical Mathematics, 5(2), 440–450. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6193