Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Van Hiele
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6193Abstrak
Memahami proses berpikir dalam matematika merupakan hal yang penting agar pembelajaran matematika di sekolah dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa sehingga kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam belajar dapat segera diatasi secara bertahap. Teori Van Hiele membantu untuk memahami level berpikir geometri yang dicapai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori Van Hiele. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling. Subjek yang diteliti yaitu 37 siswa kelas XII tahun ajaran 2022/2023 di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Penentuan subjek menggunakan Purposive Sampling dengan syarat subjek merupakan siswa SMA yang telah mempelajari materi Dimensi Tiga. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 16% siswa berada pada level 0 (visualisasi), 43% siswa pada level 1 (analisis), 30% siswa pada level 2 (deduksi informal), 11% siswa pada level 3 (deduksi formal), dan tidak satupun siswa yang berhasil mencapai level 4 (rigor). Semakin tinggi level kemampuan berpikir geometri siswa maka semakin baik siswa menyelesaikan soal cerita matematika.
Kata Kunci:
Proses berpikir siswa, teori Van Hiele, Kemampuan berpikir geometriUnduhan
Referensi
Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Analisis tingkat berpikir mahasiswa berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(1), 1–6.
Amalliyah, N., Dewi, N. R., & Dwijanto, D. (2021). Tahap Berpikir Geometri Siswa SMA Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Perbedaan Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 352. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4550
Anwar, A. (2020). Identifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 3(2), 85–92. https://doi.org/10.31539/judika.v3i2.1616
Ayuningrum, D. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. KREANO, 8(1), 27–34. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.6851
Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. JKPM, 5(1), 135–142. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Demircioğlu, H., & Hatip, K. (2023). Examining 8th Grade Students’ Van Hiele Geometry Thinking Levels, Their Proof Writing and Justification Skills. International Journal of Curriculum and Instruction, 15(1), 294–308. https://orcid.org/0000-0001-7037-6140
Giovanni, L. D. alfa, Susanto, S., & Yudianto, E. (2022). Analisis Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Segiempat Berdasarkan Level van Hiele. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 84. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.24829
Hoffer, A. (1981). Geometry is More Than Proof. The Mathematics Teacher, 74(1), 11–18. https://doi.org/10.5951/MT.74.1.0011
Indah, A. (2019). Analisis Berpikir Siswa SMK Jurusan Teknik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dalam Memecahkan Masalah Dimensi Tiga Berdasarkan Van Hiele [Skripsi]. Universitas Jember.
Kriswandari, R., Wulan, D. R., & Novianti, S. E. (2020). Analisis Kemampuan Geometri Siswa SMK Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Teori Berpikir Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika , 2.
Lestariyani, S. (2013). Identifikasi Tahap Berpikir Geometri Siswa SMP Negeri 2 Ambarawa Berdasarkan Teori Van Hiele. Universitas Kristen Satya Wacana.
Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. Fibonacci, 1(2), 80–94.
Pertiwi, E. V. J. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Kelas VIII SMP Pengudi Luhur Moyudan dalam Menyelesaikan SoalSoal Materi Garis-Garis pada Segitiga Menurut Teori Van Hiele [Skripsi]. Universitas Sanata Dharma.
Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech dan Bisnis. 10(12).
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Qualitative Research Approach. Deepublish.
Sahara, R. I. A., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 911–920. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.911-920
Sari, R. M. M., & Roesdiana, L. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa SMA pada pembelajaran geometri. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 209–214. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4253
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317
Sirait, N., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2017). Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Spltv Di Sma. JPPK : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(11).
Sugiyarti, S., & Ruslau, M. F. V. (2019). Meningkatkan Tingkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Fase Belajar Model Van Hiele Menggunakan Media Bangun Ruang Dimensi Tiga. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35724/magistra.v6i1.1155
Suherman, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometri Van Hiele Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Exampel Non Examples. Jurnal Analisa, 2(4), 69–80.
Syahruda, Bistari, & Halidjah, S. (2022). Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. JPPK : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(3).
Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry : CDASSG Project.
Utami, R. A. (2020). Analisis Kesalahan SIswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang. MATHEdunesa, 9(3), 487–494.
Wulandari, T. A., & Ishartono, N. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 97–110. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5330
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.