Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SD dengan Menggunakan Soal TIMSS Materi Pecahan

Authors

  • Muh. Ikram Riswandi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rukli Rukli Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6126

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa SD dalam menyelesaikan soal TIMSS materi aljabar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data secara deskriptif. Subjek penelitian yaitu 5 siswa kelas IV di salah satu SD yang berada di Kabupaten Gowa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 4 soal tes dalam bentuk uraian yang memenuhi indikator-indikator kemampuan pemahaman matematis dan setelah itu dilakukan wawancara secara mendalam pada subjek penelitian. Dari hasil penelitian, 1 siswa berkemampuan pemahaman matematis dalam kategori tinggi, 1 siswa berkemampuan pemahaman matematis dalam kategori sedang, dan 3 siswa berkemampuan pemahaman matematis dalam kategori rendah. Hasil analisis lebih lanjut terhadap 3 siswa dengan masing-masing kategori yang berbeda menunjukkan bahwa siswa berkemampuan pemahaman matematis kategori tinggi mampu menyelesaikan persoalan dan dinilai memenuhi indikator-indikator kemampuan pemahaman matematis, siswa berkemampuan pemahaman matematis kategori sedang terlihat masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan persoalan walaupun siswa dinilai sudah cukup memiliki pemahaman matematis yang baik, dan siswa berkemampuan pemahaman matematis rendah dinilai belum memahami persoalan yang diberikan sehingga siswa tersebut tidak dapat menyelesaikan persoalan tersebut dengan baik. Pendidik disarankan untuk menumbuhkan minat siswa untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Matematis, Pecahan, TIMSS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa Melalui Model Pembelajaran Improve. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 105. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550

Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213

Fuad, A. (2017). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran Vak (Visual, Auditorik, Kinestetik) Dan Model Pembelajaran Ttw (Think, Talk, Write) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sinjai Selatan. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/4787

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096

Hartuti, E. R., WK, S., & Santoso, I. B. (2007). Ensiklopedi Matematika 2. Yogyakarta: Empat Pilar Pendidikan. Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.25

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama. Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24

Nabila Vara Shafiyyah, & Agung Prasetyo Abadi | 73 Copyright © 2022 Jurnal Didactical Mathematics, https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm p-ISSN: 2622-7525, e-ISSN: 2654-9417 https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11998

Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika Volume 2 Nomor 2 Tahun 2020, 2(2) http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.889

Nursaadah, I., & Risma, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Numeracy, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.288

Pamungkas, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 122– 130. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1445

Permatasari, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP terhadap Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Indikator Pemahaman. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 11–17. https://doi.org/10.21009/jrpms.032.02

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981

Rahayu, W. D., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa MTs di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 79. Jurnal Didactical Mathematics, Vol. 4 No. 1 April 2022 hal. 65-7.

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Self- Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290.

Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Sianturi, E., & Nasution, H. A. (2021). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Model Pembelajaran. Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 101–106. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/707

Sudianto, S. (2019). Perbandingan Pemahaman Matematika Siswa antara yang Menggunakan Adobe Flash CS3 dengan Software iMindMapTM pada Pokok Bahasan Limit Fungsi. Didactical Mathematics, 2(1), 1. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i1.1670

Sugriani, A. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Melalui Pnedekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Didactical Mathematics, 21– 28. http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1294

Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Susiaty, U. D., & Haryadi, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(2), 239. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i2.1574

Wafa, U. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPIT Nur Hikmah. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Wulan, P., Davita, C.,

Een, Unaenah, & Muhammad Syarif Sumantri. (2019). Jurnal basicedu. 3(1), 106–111.

Indriani, A. (2009). Penggunaan Blok Pecahan pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. 3, 11–16.

Sidik, G. S., & Nugraha, F. (2019). Proses Berpikir pada Pemahaman Perkalian dan Pembagian Pecahan [ The Process of Thinking in Mathematical Understanding of Primary School Students Regarding Counting Operation Materials Multiplication and Division of Fractions ]. 8(1), 45–52. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1953

Umaroh, Uum & Heni Pujiastuti. 2020. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal PISA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 05 No. 02, Juni 2020.

Wijaya, A. (2017). The Relationships between Indonesian Fourth Graders ’ Difficulties in Fractions and the Opportunity to Learn Fractions : A Snapshot of TIMSS Results. 10(4), 221–236.

Wulandari, Tia Ayu & Naufal Ishartono. 2022. Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Volume 6, No. 1, Maret 2022.

Downloads

Abstract Views : 237
Downloads Count: 146

Published

2023-08-30

How to Cite

Riswandi, M. I., & Rukli, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SD dengan Menggunakan Soal TIMSS Materi Pecahan. Didactical Mathematics, 5(2), 393–403. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6126