Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan

Authors

  • Silvia Dara Puspita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII disalah satu sekolah di Kabupaten Bekasi dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi pola bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tambelang. Teknik pengambilan menggunakan teknik random sampling dimana akan dipilih siswa berdasarkan kemampuan berpikir kreatif rendah, sedang, dan tinggi. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari empat butir soal uraian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukan nilai hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 13% pada kategori tinggi dengan jumlah siswa sebanyak 4 orang, 75% pada kategori sedang dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, dan 12% pada kategori rendah dengan jumlah siswa sebanyak 4 orang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII pada salah satu sekolah yang terdapat di kabupaten Bekasi masih tergolong sedang, dan siswa juga belum memenuhi indikator dari kemampuan berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaboration.

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif, Pola Bilangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1, 239–248.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. PT Rineka Cipta.

BSNP. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Jurnal Kreano, 3(2), 1–10. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2616

Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255–266.

Hendri, R., Elniati, S., & Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Di Kelas Viii Smpn 4 Bukittinggi. Maret, 8(1), 110–116.

Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pola Barisan Bilangan. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 34. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.266

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Munandar, U. (2012). Pengemabangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Pangestu, N. S., & Hasti Yunianta, T. N. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215–226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.472

Sumarmo, U. (2015). Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya.

Sumarni, & Nuranita, A. (2015). Perbandingan Pemahaman Matematis Antara Siswa Yang Memperoleh Pembelajaran Metode Discovery Dan Metode Advanceorganizer. In Euclid (Vol. 2, Issue 1, pp. 226–237).

Yunita, T. N. H. (2009). Hambatan Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana, 2(1), 37–50.

Yusmanida, D. E. (2014). Pengaruh Gaya Belajar, Kreativitas Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Smk Piri I Yogyakarta. i–151.

Downloads

Abstract Views : 173
Downloads Count: 137

Published

2023-07-28

How to Cite

Puspita, S. D., & Sutirna, S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. Didactical Mathematics, 5(2), 331–339. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6109