Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VIII dalam Materi SPLDV

Authors

  • Dewi Aulia Rahmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dani Firmansyah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kemampuan berpikir kreatis matematis siswa SMP kelas VIII disalah satu SMP kota Bekasi dalam menyelesaikan soal soal system persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek 5 orang siswa kelas VIII di salah satu SMP yang ada di kota Bekasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berdasarkan indikator berpikir dengan lancar, berpikir secara luwes, berpikir secara orisinil, dan berpikir secara elaboratif. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian ini menunjukan nilai hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis 1) berpikir dengan lancar, pada indikator ini diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis yang merupakan soal pada nomor 1 memperoleh nilai persentase sebesar 55% (2) berpikir secara luwes, diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif yang merupakan soal pada nomor 2 memperoleh nilai persentase sebesar 75% (3) berpikir secara orisinil, diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap berpikir secara orisinil yang merupakan soal pada nomor 3 memperoleh nilai persentase sebesar 85% (4) berpikir secara elaboratif, diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang merupakan soal pada nomor 3 memperoleh nilai persentase sebesar 80%.

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Analisis, SPLDV

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anditiasari, Nungki, Emi Pujiastuti, and Bambang Eko Susilo. 2021. “Systematic Literature Review : Pengaruh Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 12 (2): 236–48.

Dalilan, Rati, and Deddy Sofyan. 2022. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self Confidence.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2 (1): 141–50. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585.

Kadir, Indriany A, Tedy Machmud, Kartin Usman, and Nancy Katili. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga.” Jambura Journal of Mathematics Education 3 (2): 128–38. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388.

Kamalia, Nur Azizah, and Redo Martila Ruli. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Datar.” Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT) 8 (2): 117–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609.

Lestari, Karunia Eka, and Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Mtematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lieska Sukma Irdayanti. 2018. “Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di SMPN 1 Kedungwaru Melalui Pemberian Soal Open-Ended Materi Teorema Pythagoras Tahun Ajaran 2017/2018 - Institutional Repository of UIN SATU Tulungagung.” http://repo.uinsatu.ac.id/8798/.

Mayasari, Siska Ratnaputri, and Dkk. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).” Jurnal Pendidikan Tambusai 02 (06): 1762–71.

Muthaharah, Yhana Alfianadevi, Kriswandani, and Erlina Prihatnani. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar.” Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online) 2 (1): 63–75.

Putra, Harry Dwi, Agil Maulana Akhidayat, and Elvira Permata Setiany. 2018. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP Di Cimahi.” Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif 9 (1): 47–53.

Rachmawati, T, Theresia Laurens, and La Moma. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sd Negeri 40 Ambon Pada Materi Bangun Datar Analysis of Mathematical Creative Thingking Skills of Students At Sd Negeri 40 Ambon on Flat Material” 1: 93–103.

Rasnawati, Ai, Windi Rahmawati, Padillah Akbar, and Harry Dwi Putra. 2019. “Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kota Cimahi.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3 (1): 164–77. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87.

Sari, Filian Yunita. 2022. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Adversity Quotient.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2 (3): 357–68. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2172.

Widiyanto, Joko, and Tri Nova Hasti Yunianta. 2021. “Pengembangan Board Game TITUNGAN Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10 (3): 425–36. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.997.

Downloads

Abstract Views : 333
Downloads Count: 188

Published

2023-10-14

How to Cite

Dewi Aulia Rahmawati, & Firmansyah, D. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VIII dalam Materi SPLDV. Didactical Mathematics, 5(2), 485–493. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6104