Kemampuan Berfikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan

Authors

  • Alya Rihhadatul Aisy Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6083

Abstract

Berpikir komputasi matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Saat ini, masih banyak siswa yang kesulitan ketika diberi soal/permasalahan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti soal aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan berpikir komputasi matematis dengan sampel siswa kelas VIII pada salah satu SMP di kabupaten Karawang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga terpilih salah satu kelas VIII Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 3 soal tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir komputasi matematis siswa berdasarkan kemampuan siswa dalam menguraikan permasalahan, mengenali pola, menemukan bagian penting dari permasalahan, dan menyelesaikan masalah secara berurutan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa ST mampu menguraikan permasalahan, menemukan bagian penting dari permasalahan, dan menyelesaikan permasalahan secara berurutan. Sedangkan SS mampu menguraikan permasalahan dan menyelesaikan permasalahan secara berurutan. Sedangkan SR hanya dapat menguraikan permasalahan.

Keywords:

Berpikir Komputasi;, Pola Bilangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, & Hakim, D. L. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Logis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 175–184. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5762

Annamalai, C. (2022). Computing Method for Combinatorial Geometric Series and Binomial Expansion. Cambridge Open Engage.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Bumi Aksara.

Azizah, N. I., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Computational thinking process of high school students in solving sequences and series problems. Jurnal Analisa, 8(1), 21–35. https://doi.org/10.15575/ja.v8i1.17917

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56

Dewi, K., & Hakim, D. L. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI INTEGRAL. Karya Pendidikan Matematika, 8, 66–76.

Efendi, N. M. (2019). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788

Fadilah, N. A. S., & Hakim, D. L. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(November), 565–574.

Farida, I., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1123–1136. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136

Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendrian, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica, 08(1), 49–57.

Hakim, D. L., & Mustika, R. M. S. (2019). Aplikasi Game Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 129–141. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4860

Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Julianti, N. H., Darmawan, P., & Mutimmah, D. (2022). Computational Thinking Dalam Memecahkan Masalah. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022.

Kamil, M. R., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matemnatika, 12(2), 259–270.

Mufidah, I. (2018). Profil Berpikir Komputasi dalam Menyelesaiakan Bebras Task Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Nugraha, D. I. D., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 320–327. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1994

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407

Satrio, W. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kadir (Koneksi,Aplikasi, Diskursus, Improvisasi, Dan Refleksi) Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa. 1–252.

Supiarmo, M. G., Turmudi, & Susanti, E. (2021). Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Berdasarkan Self-Regulated Learning. Numeracy, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1378

Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2020). Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Matematika Sekolahan. Sesiomadika 2019, 2(1), 1183–1192. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–35.

Yanah, & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 355–366. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1995

Zahra, F. A., & Hakim, D. L. (2022). Kesulitan Siswa Kelas VII SMP dalam Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Garis dan Sudut. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.33087/phi.v6i2.244

Zhang, L., Mannila, L., & Noren, E. (2020). Development of computational thinking, digital competence and 21st century skills when learning programming in K-9. Education Inquiry Journal, 11(1)

Downloads

Abstract Views : 854
Downloads Count: 589

Published

2023-08-04

How to Cite

Aisy, A. R., & Hakim, D. L. (2023). Kemampuan Berfikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. Didactical Mathematics, 5(2), 348–360. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6083