Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP

Authors

  • Annisa Rahmiyatul Jannah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6080

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematis ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes matematis, dan pedoman wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 subjek yang diambil dari kelas VIII SMPN 5 Karawang Barat dengan menggunakan angket gaya belajar diambil 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket, tes dan wawancara. Sedangkan hasil penelitian untuk menganalis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi Pola Bilangan, antara lain: (1) Siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan penalaran matematis dalam indikator kemampuan mengajukan dugaan mampu menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada masalah yang disajikan serta menuliskan rumus yang digunakan.. (2) Siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan penalaran matematis dalam indikator kemampuan mengajukan dugaan mampu menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada masalah yang disajikan serta menuliskan rumus. (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan penalaran matematis dalam indikator kemampuan mengajukan dugaan mampu menuliskan hal-hal yang diketahui.

Keywords:

Penalaran matematis;, Gaya belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Y. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Segiempat Ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Afif, A. M. S. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL). Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Amir, A. 2014. Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma. 2(1): 18-33.

Anggitasari, B. 2018. Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi dan Gaya Belajar Siswa. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Damayanti, R. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika SMP. Bandung: unpas.ac.id.

Giarto, N. P. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 1 Sidareja. Skripsi. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Gustiati, M. 2016. Profil Kemampuan Penalaran Matematis dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Edu Research.

Hartati. 2017. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada SMK di Pangkalan Brandan. Unimed.ac. id.

Kartika, S. A. 2014. Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic.

Khairunnisa. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Islamiyah Urung Pane. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Nurhayati, E. 2017. Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar dan Gender. Journal of Mathematics Education.

Septi, R. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Pada Setting Pembelajaran Probing Prompting. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sundayana & Rostina. 2016. Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut.

Yusdiana, B. I. 2018. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Pada Materi Limit Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.

Yusof, R, Othman, N, & Karim, F. 2005. Strategi Pembelajaran Pengalaman berdasarkan Model Kolb dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan.

Zakky. 2018. Pengertian Analisis Menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum. [diakses di https://www.zonareferensi.com/pengertian-analisis-menurutpara-ahli-dan-secara-umum/].

Downloads

Abstract Views : 231
Downloads Count: 178

Published

2023-08-18

How to Cite

Jannah, A. R., & Marlina, R. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP. Didactical Mathematics, 5(2), 369–384. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6080