Minat Belajar Matematika di Sekolah Menengah Pertama pada Penerapan Kurikulum Merdeka

Authors

  • Hamdhani Dhani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Haerudin Haerudin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6071

Keywords:

Matematika, Minat Belajar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar matematika peserta didik pada penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama 2 Telukjambe Timur Karawang tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas VIIIC dengan total 41 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pemberian instrumen non tes berupa angket terkait minat belajar matematika. Instrumen non-tes angket yang diberikan berjumlah 34 pernyataan dengan memuat 4 indikator minat belajar yaitu perasaan senang, ketertarikan untuk belajar, perhatian saat belajar, dan keterlibatan dalam belajar.  Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus persentase hasil jawaban peserta didik pada indikator minat belajar matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan hampir setengah peserta didik memiliki minat belajar matematika dengan rata-rata persentase sebesar 32%. Dengan demikian peserta didik pada Sekolah Menengah Pertama 2 Telukjambe Timur Karawang memiliki hampir setengahnya minat belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bela Bekti Amallia Putri, A. M. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68-74.

Clara Fatimah, P. M. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika pada Pembelajaran Berbasis Daring. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117-126.

Desy Ana Heryyanti, A. T. (2021). Pengaruh Gaya, Minat, Kebiasaan dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Era New Normal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3935-3945.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Drajat Edy Kurniawan, M. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(2), 47-51.

Falah, B. N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Minat Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Euclid, 6(1), 25-34.

Fatwa, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era New Normal. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2), 20-30.

Fir Tri Ajeng Oktavia, D. M. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 2 Pacitan. Jurnal Edumatic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 14-23.

Herzamzam, D. A. (2018). Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Sekolah Dasar. Visipena, 9(1), 67-80.

Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 451-457.

Jeratallah Aram Dani, Y. M. (2020). Covid-19 dan Perubahan Komunikasi Sosial. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 94-102.

Karunia Eka Lestari, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

M. Tohimin Apriyanto, L. H. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 135-144.

Primanita Sholihah Rosmana, S. I. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran PTM Terbatas. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 129-134.

Rizki Nurhana Friantini, R. W. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11.

Silistyawati, T. E. (2020). Perspektif Aksiologi Terhadap Penurunan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi. Aksiologi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 33-43.

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43-48.

Zahra Alhumairah Basa, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 943-950.

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Dhani, H., & Haerudin, H. (2023). Minat Belajar Matematika di Sekolah Menengah Pertama pada Penerapan Kurikulum Merdeka. Didactical Mathematics, 5(2), 340–347. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6071