Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Syaifudin Hamdi Ubaidillah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6069

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X disalah satu SMA Karawang. Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kuantitatif. Pemilihan sampel dengan cara purpossive sampling, diperoleh siswa X sebanyak 33 siswa dan penuh pertimbangan. Pengambilan data diperoleh dengan metode non tes berupa angket berjumlah 31 pernyataan yang mencakup lima indikator kemandirian belajar dan lima indikator fasilitas belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil data penelitian bahwa Fasilitas Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika terdapat pengaruh. Diperoleh sebesar signifikansi 0,007 dari uji hipotesis menggunakan analisis data regresi linear sederhana, artinya fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika terdapat pengaruh. Hal ini dapat disimpulkan bahwa jika Fasilitas Belajar baik dan terpenuhi, maka Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika semakin baik.

Keywords:

Kemandirian Belajar, fasilitas belajar, pengaruh, kuantitatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angelis, B. (2003). Percaya diri: sumber. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Armiati, A., & Yanrizawati, Y. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Daring Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Di Kelas XI SMAN 1 Koto Balingka. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 197.

Darmawan, M. (2013). Peningkatan kemandirian peserta didik melalui strategi pembelajaran problem solving pada kompetensi perawatan dan perbaikan PC di kelas X TKJSMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Eksis, 53-64.

Desmita. (2011). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Dian Iffa Pratiwi, d. H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA

Negeri "X". Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 43-49.

Ghufron, M. &. (2014). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gyanprakash., N. K. (2013). Independent learning and student development. International journal of social science & interdisciplinary research, 17-35.

Hakim, D. L. (2014). Efforts to improve student learning learning ourcomes by using cooperative learning type of Student Teams Achievment Division (STAD). Proceeding of international conference on research, 135-142.

Hakim, T. (2002). Mengenal rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147-154

Ilahi, I., Rizal, F., & Irfan, D. (2021). Kemandirian Dan Motivasi Belajar Dalam Menggunakan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 75.

Karunia Eka Lestari, M. P. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Refika Aditama.

Nisa, L. K. N. (2021). Mewujudkan Motivasi Kemandirian Belajar Selama Penerapan Sistem Pembelajaran Online Era Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 65- 72.

Martinus. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Neil, J. (2005). Jenis-jenis percaya diri. Jakarta: Alfabeta.

Nurfadilah, S. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prociding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, pp. 1214-1223.

Hamalik, Oemar . (2003). Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta Bumi: Aksara

Pannen, P. (2001). Konstruktivisme dalam Pembelajaran . Jakarta: Universitas Terbuka.

Siregar, S. (2014). Statistik parametik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suharsimi dan Lia. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media

Sutirna, R. A. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika.

MAJU, 118-125.

Undang-Undang Dasar 1945 Negara Republik Indonesia

Yulianto, L. (2021). Implementasi Gim Si Komdig’s Journey Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 8

Downloads

Abstract Views : 324
Downloads Count: 289

Published

2023-07-28

How to Cite

Ubaidillah, S. H., & Imami, A. I. (2023). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 5(2), 322–330. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6069