Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6069Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X disalah satu SMA Karawang. Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kuantitatif. Pemilihan sampel dengan cara purpossive sampling, diperoleh siswa X sebanyak 33 siswa dan penuh pertimbangan. Pengambilan data diperoleh dengan metode non tes berupa angket berjumlah 31 pernyataan yang mencakup lima indikator kemandirian belajar dan lima indikator fasilitas belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil data penelitian bahwa Fasilitas Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika terdapat pengaruh. Diperoleh sebesar signifikansi 0,007 dari uji hipotesis menggunakan analisis data regresi linear sederhana, artinya fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika terdapat pengaruh. Hal ini dapat disimpulkan bahwa jika Fasilitas Belajar baik dan terpenuhi, maka Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika semakin baik.
Keywords:
Kemandirian Belajar, fasilitas belajar, pengaruh, kuantitatifDownloads
References
Angelis, B. (2003). Percaya diri: sumber. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Armiati, A., & Yanrizawati, Y. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Daring Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Di Kelas XI SMAN 1 Koto Balingka. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 197.
Darmawan, M. (2013). Peningkatan kemandirian peserta didik melalui strategi pembelajaran problem solving pada kompetensi perawatan dan perbaikan PC di kelas X TKJSMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Eksis, 53-64.
Desmita. (2011). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Dian Iffa Pratiwi, d. H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA
Negeri "X". Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 43-49.
Ghufron, M. &. (2014). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gyanprakash., N. K. (2013). Independent learning and student development. International journal of social science & interdisciplinary research, 17-35.
Hakim, D. L. (2014). Efforts to improve student learning learning ourcomes by using cooperative learning type of Student Teams Achievment Division (STAD). Proceeding of international conference on research, 135-142.
Hakim, T. (2002). Mengenal rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147-154
Ilahi, I., Rizal, F., & Irfan, D. (2021). Kemandirian Dan Motivasi Belajar Dalam Menggunakan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 75.
Karunia Eka Lestari, M. P. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Refika Aditama.
Nisa, L. K. N. (2021). Mewujudkan Motivasi Kemandirian Belajar Selama Penerapan Sistem Pembelajaran Online Era Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 65- 72.
Martinus. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Pers.
Neil, J. (2005). Jenis-jenis percaya diri. Jakarta: Alfabeta.
Nurfadilah, S. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prociding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, pp. 1214-1223.
Hamalik, Oemar . (2003). Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta Bumi: Aksara
Pannen, P. (2001). Konstruktivisme dalam Pembelajaran . Jakarta: Universitas Terbuka.
Siregar, S. (2014). Statistik parametik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suharsimi dan Lia. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media
Sutirna, R. A. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika.
MAJU, 118-125.
Undang-Undang Dasar 1945 Negara Republik Indonesia
Yulianto, L. (2021). Implementasi Gim Si Komdig’s Journey Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 8
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.