Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Authors

  • Maria Emiwati Sihotang Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Attin Warmi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5907

Keywords:

Abad 21, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan yang penting dalam menghadapi kompleksitas kehidupan pada abad-21 ini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode penelitian yang digunakan deskrptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu memberikan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan wawancara tidak terstruktur. Adapun, teknik analisis data yang digunakan berdasarkan Milles dan Huberman (Sugiyono, 2016), yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diawali dengan memberikan tes kepada 30 siswa kelas IX.A di salah satu SMP Negeri Kabupaten Karawang kemudian peneliti mengambil 3 siswa sebagai subyek penelitian, yang dianggap dapat mewakili setiap kategori. Subyek tersebut diambil satu dari masing-masing tiap kategori, yang terdiri dari kategori tinggi, sedang, dan rendah. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa siswa yang masuk pada kategori tinggi, mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Siswa yang masuk pada kategori sedang, hanya mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Sedangkan, siswa yang masuk pada kategori rendah, tidak memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, I. (2019). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(Desember), 1–9.

Anggraini, N. P., Siagian, T. A., & Agustinsa, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis AKM. ALGORITMA: Journal Of Mathematics Education, 4(1), 58–78.

Basri, H., Purwanto, As’ari, A. R., & Sisworo. (2019). Investigating Critical Thinking Skill of Junior High School in Solving Mathematical Problem. International Journal of Instruction, 12(3), 745–758. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2019.12345a

Hananta, O. F. I., & Ratu, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 29–35. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.900

Hartati, A. D., Hayati, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 1(3), 37–47.

Konoras, R. S., Chandra, F. E., & Afandi, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 57–67.

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 3(2), 107–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i2.107-114

Kusaeri, & Aditomo, A. (2018). Pedagogical Beliefs about Critical Thinking among Indonesian Mathematics Pre-service Teachers. International Journal of Instruction, 12(1), 573–590. Diambil dari www.e-iji.net

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2022). Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Peneltian dengan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis) (Anna, ed.). Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 82–90. Diambil dari https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/611

Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 793–801.

Rahayu, B. N. A., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori : Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantu TIK. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 297–303.

Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2668

Salahuddin, M., & Ramdani, N. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/twt.v8i1.3127

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2, 1–7.

Setiana, D. S., Nuryadi, N., & Santosa, R. H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Aspek Overview. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6483

Shara, J., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Fungsi Kuadrat. Journal On Education, 1(2)(2), 450–456. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.95

Susanti, E., & Hartono. (2019). An analysis mathematical problem solving and mathematical critical thinking skills of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012071

Syamsir, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di Tinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII Mts Guppi Buntu Barana. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Ulva, E. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 944–952.

Zakaria, P., Nurwan, N., & Silalahi, F. D. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Materi Segi Empat. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 9(1), 32–39. https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Sihotang, M. E., & Warmi, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Didactical Mathematics, 5(2), 282–294. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5907