Hubungan Internet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbasis HOTS pada Siswa SMP

Authors

  • Nurlaeli Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5904

Keywords:

Internet, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, HOTS

Abstract

Internet dimanfaatkan dunia untuk media pencarian dan penyampaian informasi pembelajaran khususnya materi penerapan matematika dan soal-soal berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) yang jarang ada di buku sumber belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan internet dengan kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis HOTS. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan internet dalam penyelasaian masalah matematika berbasis HOTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Kendall Tau dengan jenis korelasi Kendall Tau-B yang merupakan analisis statistik non-parametrik yang bertujuan untuk mencari hubungan antar variabel. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode simple random sampling didapat sampel 41 siswa salah satu SMP di Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan instrumen non tes berupa angket mengenai pemanfaatan internet kemudian dilanjutkan dengan memberikan instrumen tes berupa uraian masalah matematis berbasis HOTS. Hasil yang diperoleh  yang menunjukkan bahwa pemanfaatan internet memiliki hubungan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis HOTS. Hal ini diperkuat dengan hasil uji korelasi sebesar . Angka tersebut menunjukkan korelasi yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 46,24%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Guruan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Anisah, A., & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano , 9(2), 191-197.

Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Journal of Medives, 3(1), 11-19.

Arlia, S dan Sumiati A. (2015). Hubungan Antara Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 46 Jakarta. EconoSains, Volume XIII, Nomor 1.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi, 14, 169–178.

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi, 14, 169–178.

Fikriani, T., & Nurva, M. S. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp kelas IX dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA , 11(2), 252–266.

Fitriana, W. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika Berbasis High Order Thinking Skills Siswa Kelas XI SMA NEGERI 2 KLATEN Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma Klaten).

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Universitas Negeri Malang, 6, 2.

Habibie, N. (2013). Analisis Pengendalian Intern Piutang Usaha Pada Pt Adira Finance Cabang Manado. Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 8.

Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas VII C SMP Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 pada Materi Himpunan. Yogyakarta: usd.ac.id.

Hidayatullah, A. (2018). Pembelajaran Matematika Pada Era Media Sosial dan Budaya POP. JPM, 1(1).

Kom, A. M. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI SUMSEL. Digital Teknologi Informasi, 1(2), 64-70.

Lathiif, Z. (2016). Hubungan Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Teknik Pengelasan. E-Jurnal Guruan Teknik Otomotif-S1, 13(1).

Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Guruan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.

Munawaroh, I. (2019, November). Penggunaan Media Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2017/2018. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Nugrahini, R.W dan Margunani. (2015). The Effect of Family Environment and Internet Usage on Learning Motivation. Dinamika Guruan, 10 (2) 166 - 175.

Pibriana, D dan Ricoida, D.I. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Mahasiswa (Studi Kasus: Perguruan Tinggi di Kota Palembang). Jatisi, Vol. 3 No.2.

Rismawati, M., Rahmawati, P., & Rindiani, A. B. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Cendekia, 6(2), 2134-2143.

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget sebagai sumber belajar mempengaruhi hasil belajar pada mata kuliah matematika dasar. FIBONACCI, 4(1), 25-36.

Sahade, S., Rijal, H. A., & Nur, A. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Internet terhadap Motivasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Klasikal, 3(2), 61-70.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. JISD, 4(2), 257.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. guruan dan konseling, 2(1), 99-103.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Guruan. Bandung: Alfabeta.

Wibawanto,T. (2021). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Media Pembelajarn Jarak Jauh Atasi Penyebaran Virus Covid-19. Diakses di: http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/po-content/uploads/Artikel_Sosmed_ok.pdf.

Wijaya, A., & Sutama, M. P. (2018). Kontribusi penggunaan media sosial, lingkungan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah Kartasura (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Wijaya, Adi. Internet Sebagai Media Sumber Belajar Matematika: Kenapa Tidak ???. diakses di: https://adoc.pub/internet-sebagai-media-sumber-belajar-matematika-kenapa-tida.html.

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Nurlaeli, & Abadi, A. P. (2023). Hubungan Internet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbasis HOTS pada Siswa SMP. Didactical Mathematics, 5(2), 255–263. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5904